Kapolsek Maulafa Pimpin Polwan Polresta Kupang Kota Goes To Campus Universitas Kristen Artha Wacana Kupang

Kapolsek Maulafa Pimpin Polwan Polresta Kupang Kota Goes To Campus Universitas Kristen Artha Wacana Kupang

Tribatanewskupangkota.com - Sebanyak 26 orang Polwan Polresta Kupang Kota yang dipimpin oleh Kapolsek Maulafa Akp Nuriyani T. Ballu SH.MH melaksanakan kegiatan “Polwan Goes To Campus” di Universitas Kristen Artha Wacana Kota Kupang pada Selasa (08/08/2023) Kegiatan ini dilaksanakan Dalam rangka hari jadi Polwan ke-75 pada tanggal 01 September 2023 mendatang.

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor III Drs Filmon Milkson Polin,SH.,MH. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan Polwan Goes To Campus ini.

"Bersyukur karena polri mau dekat dengan masyarakat terutama mahasiswa di UNKRIS untuk membagikan ilmu yang kelak bermanfaat bagi mahasiswa disini, jika polri lebih bergaul di lingkungan kampus dapat meminimalisir tingkat kejahatan" ujarnya.

Selanjutnya pemaparan materi oleh Kapolsek Maulafa Akp Nuriyani T. Ballu SH.MH selaku Polwan senior. Materi yang dibawakan tentang kasus Kekerasan Terhadap Perempuan (KTP) Kekerasan Terhadap Anak (KTA), Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), pelecehan seksual dan psikis dan kekerasan-kekerasan lainnya.

Dalam menyampaikan materi tersebut beliau menjelaskan, “realisasi visi Polri dalam rangka pelayanan masyarakat dibentuk beberapa unit yang membantu pelayanan terhadap perempuan dan anak (UUPA) dengan tugas untuk memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan serta melakukan penyidikan terhadap perempuan dan anak yang menjadi pelaku kekerasan"

Kapolsek Maulafa menghimbau apabila ada kekerasan yang terjadi pada perempuan bisa melapor pada pihak yang berwajib. Pernyataan yang perlu di highlight pada kegiatan hari ini yakni “Kekerasan bukan hanya fisik tapi secara psikis”. Selain itu, diberikan juga edukasi kepada mahasiswa mengenai langkah-langkah yang akan dilalui dan dilakukan oleh pihak pelapor jika kasus sudah diproses oleh polisi. Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab oleh beberapa mahasiswa .

Dalam Acara Polwan Goes To Campus ini juga ditampilkan Fashion Show oleh Polwan Polresta Kupang Kota dengan menampilkan seragam-seragam dinas dari berbagai tugas dan  fungsi di Kepolisian baik di Lalu Lintas, Samapta, Intel, Polairud, Brimob dan pakaian upacara sesuai ketentuan yang berlaku di Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Akp Nuriyani T. Ballu SH.MH di akhir acara, berharap dengan adanya kegiatan Polwan Goes To Campus ini bisa menjalin komunikasi yang baik antara Polri dengan pihak kampus khususnya  Mahasiswa . Mahasiswa diharapkan bisa menjadi corong informasi kepada Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di Kota Kupang. (JK)