Polwan Polresta Datangi dan Berinteraksi Langsung Dengan Siswa SMP di Kota Kupang

Polwan Polresta Datangi dan Berinteraksi Langsung Dengan Siswa SMP di Kota Kupang

Tribratanewskupangkota.com - Dalam rangka memperingati Hari Jadi  Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia ke-75 Tahun 2023, personel Polwan Polresta Kupang Kota melakukan kegiatan “Polwan Goes To School” di SMP Negeri 3 Kota Kupang, yang beralamat di Jalan Kenanga, Kelurahan Naikolan, Kecamatan Maulafa Kota Kupang, Selasa (8/8/2023) pagi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh personel Polwan dari Bagian SDM, fungsi Satuan Lalu Lintas, Satuan Reskrim, dan Satuan Binmas yang dipimpin oleh Kanit Regident Satlantas Polresta Kupang Kota IPDA Niken Ayu, S.Tr.K.

Dalam materi yang dibawakan oleh Kanit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Kupang Kota AIPDA Brigita Usfinit, S.H menjelaskan, tentang Kekerasan Seksual dan juga Bullying pada lingkungan sekolah. Pergaulan antar Siswa/i di sekolah, seperti saling bersentuhan secara dengan sengaja hingga ciuman, hal tersebut sudah termasuk tindak pidana Kekerasan Seksual, dengan ancaman pidana pada pelaku Kekerasan Seksual pada anak minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun.

"Kekerasan seksual bisa terjadi pada diri sendiri maupun orang lain. Bisa dari faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah pada anak-anak yang berusia pubertas dan bisa saja melalui sosial media, seperti saling kenal secara virtual. Saya harap anak-anak di sini jangan lakukan hal seperti itu. Ingat masa depan kalian masih panjang, kalian adalah masa depan bangsa kita, jadi jangan terlibat dalam tindak pidana apapun terutama Kekerasan Seksual", kata AIPDA Gita yang biasa disapa.

"Perilaku Bullying harus dihindari karena menimbulkan hal-hal, seperti kurang percaya diri pada diri anak. Bullying juga sangat menyerang psikis seseorang dan tentunya juga mengganggu psikologi seseorang yang menjadi korban Bullying tersebut. Saya harap semua yang Siswa/i yang hadir bisa lebih cermat dalam penggunaan media sosial terkait Kekerasan Seksual, terutama  dengan Bullying, literasi media tentang hal-hal yang baik buat kita sekalian", pungkas AIPDA Gita.

Materi selanjutnya dibawakan oleh IPDA Niken terkait dengan Tata tertib lalu lintas. Dia menjelaskan tentang tata tertib lalu lintas kepada Siswa/i SMP Negeri 3 Kota Kupang yang masih berusia di bawah 17 tahun. Berbicara terkait tata tertib lalu lintas tentu berkaitan dengan kendaraan bermotor dan jalan raya. IPDA Niken menganjurkan kepada siswa/i agar saat berkendara baik dibonceng ataupun tidak, itu harus menggunakan helm SNI walaupun dekat, demi keselamatan berkendara.

"Dibawah 17 tahun dilarang berkendara seorang diri karena belum memiliki KTP dan sudah pasti belum memiliki SIM. Selain itu, untuk pengurusan SIM juga harus disertakan dengan Surat Kesehatan Fisik dan Rohani. Anak dibawah 17 tahun juga belum pandai dalam mengontrol emosinya dengan baik, apalagi saat dalam kondisi emosional yang tidak stabil saat berkendara bisa saja menimbulkan kecelakaan, bukan hanya itu saja kecelakaan lalu lintas juga seringkali disebabkan karena mabuk. Maka hal-hal seperti itu perlu dihindari", pesannya.

Mewakili Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Kota Kupang Mashud Bethan, S.Pd, Wakil Kepala Sekolah Maria Ully, M.Pd, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Kepolisian (Polresta Kupang Kota) atas kegiatan yang telah dilaksanakan pada hari ini, dan juga harapan kedepannya semoga dari pihak Kepolisian tetap melaksanakan kegiatan terutama di SMP Negeri 3 Kota Kupang dengan membawakan materi yang lebih luas.

"Pihak sekolah sangat mendukung terkait kegiatan yang telah dilaksanakan pada hari ini, dan kami harap kedepannya akan ada lagi sosialisasi terkait tugas Polwan dan tugas polisi lainnya, serta kegiatan seperti Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Kedepannya juga semoga alumni-alumni dari SMP Negeri 3 Kota Kupang yang juga bisa bergabung ke Kepolisian. Selain itu, kami harap juga apabila kedepannya diadakan kegiatan lainnya, maka materi yang dibawakan juga semakin diperluas sesuai dengan trend sekarang seperti perilaku LGBT, Kekerasan Seksual yang sedang marak dan sudah mulai masuk ke lingkungan sekolah”, ujar Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Kota Kupang.

“Akhir kata, terima kasih sudah berkenan hadir dan bersama-sama dengan kami disini terkait visi misi dan segala kegiatan yang berkaitan dengan Polwan”, ungkapnya.

Pada akhir kegiatan dilakukan sesi foto bersama Guru, Siswa/i SMP Negeri 3 Kota Kupang dan Personel Polwan Polresta Kupang Kota.