Bidpropam Polda NTT Sidak Polwan Polresta Kupang Kota Dalam Ops Gaktiblin

Bidpropam Polda NTT Sidak Polwan Polresta Kupang Kota Dalam Ops Gaktiblin

Tribratanewskupangkota.com – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia ke-75 Tahun 2023, Polwan Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda NTT, melakukan Operasi Penegakkan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiblin), berupa pemeriksaan sikap tampang dan kelengkapan administrasi dari setiap personel Polwan Polresta Kupang Kota, yang dilaksanakan di lapangan belakang mako, Senin (7/8/2023) pagi tadi.

Sebelum melakukan pemeriksaan, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda NTT Kombes Pol. Satria Yusada, S.I.K., M.Si, selaku pembina Polwan Polda NTT, melakukan tatap muka bersama seluruh Polwan Polresta Kupang Kota di Aula Bijaksana, dan didampingi oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, Perwira Koordinator (Pakor) Polwan Polda NTT AKBP Hellen E. Patikawa, S.Sos dan Kabag SDM Polresta Kupang Kota Kompol Herman Bessi.

Karo SDM dalam tatap muka, mengingatkan kepada seluruh Polwan yang hadir, agar dalam pelaksanaan tugas selalu berpegang pada nilai-nilai di dalam Tri Brata dan Catur Prasetya. Tampilkan kesederhanaan dalam kehidupan di tengah masyarakat sebagai anggota Polri, dengan hidup sederhana dan tidak hidup Hedonisme. “Pada saat bertugas atau berdinas tunjukkan profesionalisme, dan pada saat hidup di tengah masyarakat tunjukkan sikap hidup yang baik sebagai anggota Polri”, pesannya.

Anggota Polri mempunyai tugas pokok sesuai Undang-undang, yakni melindungi mengayomi dan melayani masyarakat, memelihara kamtibmas, dan menegakkan hukum. “Gunakan seragam Polwan untuk menjaga, mengayomi dan melayani masyarakat. Terus tingkatkan pelayanan dan prestasi masing-masing. Ambil contoh seorang Polwan di Polda Jawa Timur, yang berprestasi di negara Turki, sehingga meningkatkan citra Polri. Harapan saya, seluruh Polwan bisa menilai kegiatan apa yang pantas, kalau tidak maka jangan dilakukan”, pesannya lagi.

Untuk diketahui, seorang Polwan di Polda Jawa Timur (BRIPTU Tiara Nissa Zulbida), dinobatkan sebagai lulusan terbaik dari seluruh peserta didik internasional usai menempuh pendidikan lanjutan di Akademi Kepolisian Turki. Dan diberi kesempatan memberikan kata sambutan mewakili seluruh peserta didik internasional, di depan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Selanjutnya Polwan Bidpropam Polda NTT melakukan pemeriksaan administrasi, seperti surat perorangan dari setiap personel Polwan, dan sikap tampang, serta dalam menggunakan pakaian dinas Polri, yang dipimpin oleh Kabid Propam Polda NTT yang diwakili oleh Kanit Hartib AKP Yorsen Bilaut.

Hadir pula dalam pemeriksaan, diantaranya Kapolresta Kupang Kota, Pakor Polwan Polda NTT, Kabag SDM Polresta Kupang Kota, dan Ketua Panitia Hari Jadi Polwan ke-75 Tahun 2023 Kompol Margaritha R. Sulabesi, S.Sos.

Kapolresta Kupang Kota yang ditemui tribratanewskupangkota.com di sela-sela pemeriksaan mengatakan, Gaktiblin merupakan kegiatan rutin internal bagi setiap personel Polri, termasuk personel Polwan. “Pemeriksaan ini sudah merupakan kegiatan rutin bagi internal Polri, untuk sidak personel Polri agar selalu siap dalam kelengkapan surat maupun sikap tampang, sehingga bisa menjadi contoh bagi masyarakat Kota Kupang”, pintanya.

Selain itu, dalam rangka Hari Jadi Polwan RI ke-75 Tahun 2023, akan dilakukan kegiatan sosial yang langsung membantu dan menyentuh masyarakat, sehingga antara Polri dan masyarakat selalu dekat. Polri bisa terus memberikan pengabdian dan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, tambah Kombes Krisna. (AN)