Kapolsek Alak Kompol Edy, Jadi Pembina Upacara di SMP Negeri 6 Kota Kupang

Kapolsek Alak Kompol Edy, Jadi Pembina Upacara di SMP Negeri 6 Kota Kupang

Tribratanewskupangkota.com – Kapolsek Alak Kompol Edy, S.H., M.H, menjadi Pembina Upacara, dalam Upacara Bendera yang dilaksanakan oleh pelajar SMP Negeri 6 Kota Kupang, Senin (24/7/2023).

Sekolah yang terletak di Kelurahan Nunbaun Delha tersebut, kali ini menjadi sekolah yang dipilih oleh Polsek Alak, untuk menyampaikan pesan terkait Nasionalisme terhadap negara Indonesia, penggunaan Media Sosial (Medsos), dan untuk lebih meningkatkan kedisiplinan para siswa pelajar.

Hadir dalam upacara, yakni Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Kota Kupang Ariyandi Beny Mauko, S.Pd., M.Hum, Wakil Kepala Sekolah Bulan Bangweng, S.Pd, para guru dan staf, serta pelajar SMP Negeri 6 Kota Kupang.

Dalam amanatnya, Kapolsek Alak menyampaikan empat poin sebagai bekal anak-anak sebagai pelajar, dalam menempuh pendidikan dan menjadi agen perubahan bagi bangsa dan negara.

Pertama terkait karakter, bahwa pelajar harus memiliki karakter yang kuat dan paham, bahwa anak-anak sekalian adalah seorang pelajar. “Pelajar harus tahu apa tugas sebagai seorang pelajar, kemudian harus taat waktu, agar sebelum jam 07.00 harus sudah berada di dalam lingkungan sekolah”, ungkap Kapolsek.

Yang kedua terkait kecerdasan. Mengapa karakter yang lebih diutamakan?. Dikarenakan kecerdasan tanpa karakter yang baik itu sia-sia. “Pelajar sekalian harus pandai memanfaatkan waktu untuk belajar dan mengasah kecerdasan, perbanyak membaca sehingga dapat mengasah kecerdasan”, pesannya.

Lanjutnya, setiap ruang kelas masing-masing harus ditata dengan baik dan rapi, sehingga dapat belajar dengan nyaman, serta pilihlah lingkungan bergaul yang tepat, saat adik-adik pelajar bergaul di luar lingkungan sekolah, harus bergaul dengan sesama pelajar, agar dapat saling mengingatkan dan memotivasi antara satu sama lain.

Poin ketiga disiplin. Disiplin ini ada korelasinya dengan karakter. Disiplin waktu, mengikuti aturan-aturan yang ada di sekolah ini, mentaati perintah bapak dan ibu guru dalam hal pendidikan.

Poin terakhir yang disampaikannya oleh Kompol Edy, adalah tentang Wawasan Kebangsaan. “Harus ditanamkan dalam diri pelajar sekalian, dan kita harus menanamkan dalam diri kita bahwa pahlawan-pahlawan yang telah mendahului kita, yang telah berjuang untuk kemerdekaan negara kita sehingga sampai saat ini kita bisa berada disini untuk mengenyam pendidikan”, katanya.

“Pelajar sekalian harus menjadi anak-anak yang terpelajar (ketika berbicara harus sopan santun, ketika berbicara harus tahu tata krama, dan berpendidikan)”, pesannya lagi.

Kapolsek juga menekankan terkait dengan penggunaan medsos. “Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa medsos saat ini sudah menjadi konsumsi umum dan digunakan oleh semua kalangan termasuk adik-adik pelajar sekalian. Saya yakin hampir semua pelajar disini juga merupakan pengguna dari Media Sosial, di antaranya Facebook (FB), Instagram (IG), Tiktok, dan lain sebagainya. Dalam hal penggunaan medsos tersebut, saya harap kepada semua pelajar untuk bijak dalam menggunakannya, gunakan medsos sebagai wadah ataupun pendukung dalam proses pembelajaran, dan bukan sebaliknya menggunakan media sosial untuk hal-hal yang tidak mendidik. Terkait dengan hal ini saya menghimbau kepada pelajar untuk tidak menggunakan medsos apabila sedang dalam proses belajar di sekolah, dan kurangi aktifitas atau bermain medsos apabila berada di lingkungan sekolah, ataupun pada saat jam pelajaran”, ujarnya lagi.

Saran saya kepada para guru, khususnya guru Bimbingan dan Konseling (BK) untuk buatkan akun sekolah atau grup di medsos, baik itu Facebook, Instagram maupun Tiktok, yang dikelola oleh guru BK, dan menambahkan semua pelajar yang memiliki akun Facebook, Instagram dan Tiktok sebagai anggota grup, yang dapat mempermudah untuk melakukan monitor bagi pelajar yang bermain medsos pada saat jam sekolah.

Untuk diketahui, kegiatan upacara bendera di SMP Negeri 6 Kota Kupang merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari Senin, dimana dengan tujuan untuk meningkatkan rasa Nasionalisme terhadap negara, serta untuk meningkatkan kedisiplinan, khususnya di dalam lingkungan sekolah.