Kapolresta Lakukan Pengecekan di Posko Tiga Pilar Kelurahan Naikolan

Kapolresta Lakukan Pengecekan di Posko Tiga Pilar Kelurahan Naikolan

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol Aldinan R. J. H. Manurung S. H., S. I. K., M.Si, jumat (19/7/2024) pagi mendatangi Posko Tiga Pilar di Kelurahan Naikolan untuk mengecek kesiapan Posko.

Kegiatan Superfisi ini dalam rangka pengecekan kelengkapan Posko yang akan dinilai oleh Tim penilai  dari Baharkam Mabes Polri nanti. 

Posko Tiga Pilar yang terletak di Jl. Sonbai No. 41A Rt 01 Rw 01 Kelurahan Naikolan Kecamatan Maulafa  Kota Kupang ini awalnya adalah rumah Bhabinkamtibmas dan dimodifikasi menjadi posko tiga pilar. 

"Awalnya tempat ini adalah rumah Bhabinkamtibmas Kelurahan Naikolan, namun kita modifikasi menjadi Posko Tiga Pilar dan nantinya tempat ini menjadi tempat singgah bagi Bhabinkamtibmas, Babinsa dan juga pihak Kelurahan untuk berdialog dan mencari solusi untuk warga" Kata Kapolresta Kupang Kota. 

Kombes Aldinan juga mengatakan "selain melakukan dialog untuk mencari solusi, tempat ini juga nantinya dipakai oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa dan pihak kelurahan untuk melakukan restorative justice (penyesuaian perkara diluar pengadilan) jika ada kesalahpahaman di Kelurahan Naikolan".

Kasat Binmas Polresta Kupang Kota AKP Verry Polin S. H. menjelaskan "selain 2 hal yang disampaikan Kapolresta, Posko ini juga menyediakan buku buku untuk dibaca oleh anak anak, artinya posko ini juga berfungsi sebagai perpustakaan kecil membantu warga untuk melek baca".

" Ada beberapa item yang akan dinilai diantaranya Posko Tiga Pilar dilengkapi dengan data Kamtibmasnya, adanya Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) yang dulunya disebut Pos Keamanan Lingkungan (Pos Kamling) disertai dengan data pendukung diantaranya pengurus atau perangkat Sat Kamling dan buku buku seperti mutasi, ada juga peta Kamtibmasnya,   ada petroli bersama tiga pilar dan beberapa item lain yang mendukung dalam penilaian dimaksud" Lanjut AKP Verry demikian disapa. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas Polresta Kupang Kota, Kapolsek Maulafa, Camat Maulafa, Lurah Maulafa, Kanit Reskrim Polsek Maulafa, Kanit Sabhara Polsek Maulafa, Kanit Binmas Polsek Maulafa, Kanit Lantas Polsek Maulafa, Anggota Polsek Maulafa, Bhabinkamtibmas  Polsek Maulafa dan Babinsa Kelurahan Naikolan. 

Untuk diketahui bahwa Posko Tiga Pilar Polresta Kupang Kota, di pilih sebagai salah satu nominasi dalam perlombaan Posko Tiga Piltar oleh Baharkam Mabes Polri. ( FN )