Kapolresta Kupang Kota Hadiri Pembukaan Rapat Pleno Terbuka, Hasil Penghitungan Suara Pemilu di Tingkat Kota Kupang.

Kapolresta Kupang Kota Hadiri Pembukaan Rapat Pleno Terbuka, Hasil Penghitungan Suara Pemilu di Tingkat Kota Kupang.

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si menghadiri acara pembukaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kota Kupang, di Hotel Harper Kupang, Jumat (1/3/2024) siang. 

Tampak hadir dalam acara, Penjabat Wali Kota Kupang yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang Noce Nus Loa, Ketua KPU Kota Kupang Ismael Manoe, Ketua Bawaslu Kota Kupang Yunior Adi Chandra Nange, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kupang yang diwakili oleh Kepala Seksi Intelijen, Ketua DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe, dan saksi dari pasangan calon, partai politik serta saksi DPD. 

 

Ketua KPU Kota Kupang dalam sambutannya menerangkan, bahwa rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024, direncanakan berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 1 sampai dengan 3 Maret 2024. 

 

"Setelah rapat pleno, kita akan tahu Parpol dan calon anggota legislatif dengan perolehan suara terbanyak, dan harapannya semua pihak dapat menerimanya, namun kami tetap membuka ruang untuk menyampaikan keberatan untuk dilakukan perbaikan," jelas dia. 

Selanjutnya Kapolresta Kupang Kota mengatakan dalam sambutannya, terkait kegiatan Pemilu, yang merupakan pesta demokrasi masyarakat ini bersifat khusus, serta ucapan terima kasih atas dukungan seluruh pihak dalam menjaga keamanan. 

 

"Kegiatan ini membutuhkan perhatian khusus dalam pengamanan, karena terkait pesta demokrasi 5 tahunan. Terima kasih atas dukungan semua pihak dalam menjaga keamanan dengan baik, sehingga hari ini kita siap pada tahapan selanjutnya, yaitu rapat pleno tingkat akhir di KPU Kota Kupang. 

 

Selain itu, apresiasi atas kerjasama yang baik dari semua pihak, sehingga kita tidak melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU). 

 

"Semoga seluruh tahapan yang berjalan baik tanpa suatu hambatan atau kendala yang berarti, menjadi acuan bagi kita semua untuk menghadapi Pilkada serentak pada November 2024 mendatang," ungkap Kapolresta. 

 

Ditegaskan Kombes Aldinan Manurung, bahwa Polri terus melakukan pengamanan secara penuh selama 1x24 jam di Kantor KPU, Bawaslu dan gudang penyimpanan logistik pemilu. 

"Kami akan terus melekat lakukan pengamanan di kantor KPU, Bawaslu dan di gudang logistik Pemilu. Ini adalah kewajiban kita (Polri) sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dalam menjaga serta memelihara Kamtibmas," ujar mantan Kapolres Kupang itu. 

 

Sambungnya, Polri diatur dengan peraturan disiplin dan kode etik profesi, sehingga kami tetap profesional dan netral dalam Pemilu. 

 

Selain itu, kami juga telah mendapat pembekalan langsung dari Ketua KPU dan Bawaslu, serta Kepala Badan Kesbangpol  Kota Kupang pada (12/2/2024) lalu, atau sebelum hari pemungutan suara, demi menjaga profesionalitas dan netralitas Polri dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, tutup Kapolresta Kombes Aldinan Manurung. (AN)