Kapolresta Kupang Kota Hadir Dalam Penggeledahan Serentak di Lapas Kupang

Kapolresta Kupang Kota Hadir Dalam Penggeledahan Serentak di Lapas Kupang

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, hadir langsung dalam kegiatan penggeledahan serentak, kerjasama Lapas Kelas IIA Kupang dengan Polresta Kupang Kota, Kodim 1604 Kupang dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kupang, pada Jumat (5/4) sore. 

 

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Kupang Badarudin, memimpin langsung penggeledahan bersama Kapolresta Kupang Kota, Danramil 01/1604 Kupang Mayor Inf. Hendri Dunant, S.I.P serta Kepala Pembinaan Operasional Satreskrim Polresta Kupang Kota Ipda Rudy Soik, S.H. 

Selain itu, hadir pula pejabat yang mewakili Kepala BNN Kota Kupang bersama staf, personel Satreskrim Polresta Kupang Kota, dan Staf BNN Provinsi NTT. 

 

Kegiatan diawali dengan Apel Siaga 3+1 (Berantas Halinar) yang diikuti oleh seluruh petugas Lapas Kelas IIA Kupang, anggota TNI, Polri dan BNN, yang berlangsung di lapangan dalam Lapas dan dipimpin Kalapas, kemudian dilanjutkan dengan penggeledahan terhadap seluruh blok dari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 

 

Kapolresta Kupang Kota yang ditemui usai penggeledahan mengatakan, pelaksanaan penggeledahan terhadap seluruh kamar di setiap blok Lapas, untuk mencegah adanya benda-benda yang tidak sepatutnya berada di dalam kamar para WBP, serta mencegah peredaran narkoba di Lapas. 

"Kegiatan ini merupakan tindakan pencegahan di lingkungan Lapas, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari," jelas Kapolresta. 

 

Selain itu juga, sebagai salah satu bentuk sinergisitas antar penegak hukum, yang harus selalu terjalin guna deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban, khususnya di dalam Lapas Kupang, tandas Kombes Aldinan Manurung. 

 

Terpantau media ini, setelah penggeledahan selesai dilakukan, ditemukan benda-benda yang dilarang untuk berada di dalam Lapas, dan kemudian dilakukan pemusnahan bersama dengan cara dibakar. Namun, untuk narkoba, tidak ditemukan saat berlangsungnya penggeledahan secara ketat oleh tim gabungan itu. 

Selanjutnya, dilaksanakan acara buka puasa bersama dengan pejabat dan tim gabungan yang hadir, untuk terus menjalin tali silaturahmi antar aparat penegak hukum di Kota Kupang. (AN)