Bhabinkamtibmas Bripka Samri Nenotek Bersama Warga Panen Hsil Pertanian Pemberdayaan Masyarakat

Bhabinkamtibmas Bripka Samri Nenotek Bersama Warga Panen Hsil Pertanian Pemberdayaan Masyarakat

Tribratanewskupangkota.com - Bripka Samri Nenotek, anggota Polri yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Oebufu, Kota Kupang bersama belasan anggota kelompok tani "Cahaya Tani" memiliki usaha pertanian padi IR 4 yang dikelola di atas lahan seluas 2,90 hektar are bersama warga masyarakat di RT 07/RW 05, Kelurahan Oepura, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang memberikan hasil yang memuaskan, Sabtu (29/5/2021).

Padi yang ditanam sejak akhir Februari 2021 lalu memberikan hasil yang baik. Panen perdana pada Sabtu (29/5/2021) makin semarak karena dihadiri pula Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P Tarung Binti, SIK dan ketua Bhayangkari Polres Kupang Kota, Ny Yuni Satrya Binti.

11 anggota kelompok tani terdiri dari perempuan dan laki-laki dipimpin ketua kelompok tani MIkael Nuban dan Bripka Samri Nenotek turun berbaur di lahan yang ada untuk memanen hasil pertanian mereka.

Mikael Nuban mengaku bahwa pada tahun 2020 lalu mereka mengalami gagal panen pada lahan mereka karena minimnya curah hujan. "Tahun lalu kami gagal panen namun tahun ini hasilnya sangat memuaskan," tandasnya.

Sementara Bripka Samri Nenotek mengakui bahwa sejak belum menjadi anggota Polri, sudah hobby bertani.

Bripka Samri juga bersyukur mendapat tugas sebagai Bhabinkamtibmas sehingga banyak berbaur dengan masyarakat.

Sejak beberapa tahun lalu, Bripka Samri merangkul para petani memanfaatkan lahan dan air yang ada. Lahan digarap merupakan lahan tidur yang tidak dikelola pemiliknya karena kekurangan air padahal merupakan lahan potensial.

Kesempatan bertani dan berkumpul dengan para petani juga dimanfaatkan Bripka Samri untuk melakukan sosialisasi pola pertanian dan Kamtibmas sehingga masyarakat tidak terlibat tindakan kriminal.

Masyarakat juga diajarkan pola gotong royong dan kerjasama sehingga saling membantu satu dengan yang lain. Pola ini diterapkan dalam pengolahan lahan dan pelaksanaan panen.

Akhirnya lahan yang dulunya kering dan merupakan lahan tidur bisa menjadi lahan produktif dengan memanfaatkan potensi dan air yang ada.

Atas dedikasi dan jerih lelahnya ini, Bripka Samri Nenotek pun diganjar penghargaan dari atasan dan institusi Polri.

Saat kunjungan awal April 2021 lalu, Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., memberikan penghargaan khusus kepada Bripka Samri Nenotek dan beberapa rekan nya yang berdedikasi dibidang pertanian untuk meningkatkan ketahan pangan masyarakat.

Bripka Samri pun mendapat kesempatan mengikuti pendidikan sekolah perwira Polri di tahun 2021.

"Saya bersyukur karena Kapolres Kupang Kota sangat perhatian pada personilnya dan langsung turun melihat kerja dan upaya yang saya lakukan di tengah masyarakat," ujarnya.

Bripka Samri juga tidak menyangka kalau Kapolres Kupang Kota memberikan reward kepadanya dengan mengusulkan namanya ke Mabes Polri guna mendapatkan penghargaan Kapolri untuk pendidikan perwira Polri.

Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana P. Tarung Binti, SIK pun bangga dengan prestasi dan kinerja Bripka Samri Nenotek ini.

"Saya sampai tidak bisa berkata-kata lagi karena apa yang dilakukan Samri luar biasa karena mengumpulkan petani dalam kelompok tani mengolah lahan tidur menjadi lahan produktif. Hasil nya pun dirasakan oleh masyarakat lain," ujar Kapolres Kupang Kota, Sabtu (29/5/2021) usai panen hasil pertanian ini.

Lahan yang digarap tidak saja ditanami padi, namun pasca panen padi, lahan tersebut digarap lagi untuk tanaman jagung, sayuran serta kacang-kacangan sehingga lahan tersebut bisa digarap dan panen 4 kali dalam setahun.

Anggota Polri yang bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di Polres Kupang Kota memiliki cara tersendiri membantu warga dan mengisi waktu luang di tengah pandemi covid-19.

Masyarakat sendiri cukup merasakan dampak pandemi covid 19 karena hampir semua sektor termasuk ekonomi dan pangan mengalami keterpurukan sejak satu tahun terakhir ini.

Sebagian dari hasil pertanian yang dikelola dalam 10 tahun terakhir ini dibagikan dengan pemilik lahan dan juga membantu warga kurang mampu karena rasa iba dengan tetangga yang kurang mampu sehingga membagikan hasil pertanian dari lahan yang digarap.

Sejumlah petani di sekitar lahan garapannya juga merasa terbantu dengan kehadiran Bripka Samri Nenotek karena mereka bisa berbagi ilmu dan juga saling membantu saat menggarap lahan pertanian.

Bripka Samri Nenotek sendiri bertekad, kedepannya ia akan memperluas kegiatan nya sehingga bisa membantu masyarakat yang mendapatkan banyak dampak akibat pandemi covid 19. ia juga berharap dengan kegiatannya ini bisa membangun lumbung pangan bagi masyarakat kecil sesuai program kepolisian dalam bidang ketahanan pangan.