Kapolresta Kombes Aldinan Manurung Hadiri Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Kota Kupang Tahun 2024

Kapolresta Kombes Aldinan Manurung Hadiri Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Kota Kupang Tahun 2024

Tribratanewskupangkota.com – Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si menghadiri deklarasi kampanye damai pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang Tahun 2024, yang digelar di Aula Hotel Kristal, Jalan Timor Raya, Kelurahan Pasir Panjang,  Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Selasa (24/9/2024) sore.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Penjabat Wali Kota Kupang yang diwakilkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Kupang Jeffry E. Pelt, S.H, Ketua KPU Kota Kupang Ismael Manoe, Ketua Bawaslu Kota Kupang Yunior A. Nange, S.IP, Ketua Pengadilan Negeri Kupang Kelas IA Fery Haryanta, S.H, Kajari Kota Kupang Hotma Tambunan, S.H., M.Hum, Kasdim 1604 Kota Kupang Letkol Czi. Sunardi, S.T.M.P, Kasat Polisi Pamong Praja Kota Kupang Rudi Abubakar, Kaban Kesbangpol Kota Kupang Noce Nus Loa, S.H., M.Si, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kota Kupang Ariantje M. Baun, Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi Florianus Hartono S.Fil, Koordinator Divisi Teknis Penyelanggara Pemilu Zunaidin Harun, ST, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan Julianus J.P. Nomleni, S.H, Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilu, Partisipasi Masyarakat Siti Fatimah Arman, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelasian Sengketa Leonardus Lian Liwun, S.Ag, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Kupang Muhammad Fathuda, S. Kom, para pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang, Pimpinan dan Pengurus Partai Pengusung, Tim sukses pasangan calon, serta simpatisan.

Dalam sambutan Ketua KPU Kota Kupang, bahwa sebagaimana kita ketahui, masa kampanye dalam tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang merupakan salah satu tahapan krusial dalam proses demokrasi di daerah ini. Sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal pemilihan, kita semua dihadapkan pada tanggung jawab untuk memastikan kampanye berjalan secara damai, tertib, dan beretika.

 

“Deklarasi ini merupakan momen yang sangat penting dalam proses demokrasi kita, di mana kita semua, baik calon, tim pemenangan, maupun masyarakat, menunjukkan komitmen bersama untuk menjaga pelaksanaan kampanye yang damai, tertib, dan bermartabat. Saya mengajak kita semua untuk mendukung penuh pelaksanaan deklarasi kampanye damai ini, sebagai wujud nyata dari semangat kebersamaan dan tanggung jawab kita dalam menjaga kedamaian dan persatuan di Kota Kupang,” kata Ismael Manoe.

 

Selain itu, saya juga ingin menyampaikan ajakan khusus kepada rekan-rekan media dan pers yang hadir pada hari ini.

“Saya berharap agar media dapat terus mengedukasi masyarakat dengan menyajikan informasi yang akurat, berimbang, dan konstruktif. Dalam masa kampanye ini, media juga diharapkan mampu menjadi penyeimbang dan pengawal demokrasi, dengan menyampaikan berita yang menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, tanpa menyebarkan provokasi atau berita yang tidak benar,” pesan dia.

 

Selanjutnya, pembacaan ikrar kampanye damai yang diikuti oleh para pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang Tahun 2024, dan dilanjutkan dengan penandatangaan ikrar kampanye damai oleh Ketua KPU Kota Kupang, Ketua Bawaslu Kota Kupang, Kapolresta Kupang Kota, pejabat yang hadir dan juga seluruh pasangan calon.

 

Sambutan Penjabat Wali Kota Kupang yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Kupang, dikatakan saya ingin mengajak para pasangan calon, seluruh tim pemenangan dan pendukung masing-masing calon untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh KPU dan Bawaslu, serta menjadikan kampanye ini sebagai contoh dari pelaksanaan demokrasi yang bermartabat.

 

“Fokuskan kampanye ini pada sosialisasi dan edukasi yang membangun, dengan menyampaikan visi dan misi yang dapat membawa kemajuan bagi Kota Kupang yang kita cintai ini. Mari kita berkompetisi secara sehat, dengan tetap menjaga keharmonisan dan keamanan di Kota Kupang,” ajak Jeffry Pelt.

Selain itu, peran penting dari partai politik juga tidak dapat diabaikan. Kepada para pimpinan dan perwakilan partai politik yang hadir, saya ingin menyampaikan terima kasih atas komitmen dan dukungan dalam menciptakan suasana kondusif dalam semua tahapan pemilihan, terutama dalam masa kampanye ini.

 

Kampanye yang positif, berlandaskan pada ide dan gagasan yang konstruktif, akan memberikan kontribusi yang besar bagi terwujudnya pemilihan yang bermartabat. Saya yakin, kita semua memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan masa depan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Kota Kupang. Oleh karena itu, mari kita jaga suasana yang kondusif, saling menghormati, dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. Bersama-sama, kita bisa memastikan bahwa pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang berjalan dengan lancar, adil, dan damai,” ungkap Asisten Pemerintahan dan Kesra.

 

Ditegaskannya, Pemerintah Kota Kupang akan selalu bersikap netral dan mendukung sepenuhnya penyelenggaraan pemilu yang transparan, jujur, dan adil, serta siap bekerja sama dengan KPU, Bawaslu, dan aparat keamanan untuk memastikan semua proses berjalan sesuai aturan.

Dengan dukungan penuh dari seluruh elemen, tambahnya, saya yakin kita dapat bersama-sama mewujudkan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang Tahun 2024 yang aman, damai, dan sukses. Pemerintah Kota Kupang akan selalu bersikap netral dan mendukung sepenuhnya penyelenggaraan pemilu yang transparan, jujur, dan adil, serta siap bekerja sama dengan KPU, Bawaslu, dan aparat keamanan untuk memastikan semua proses berjalan sesuai aturan,” tandas Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Kupang.

 

Kapolresta Kupang Kota yang ditemui usai mengikuti acara deklarasi kampanye damai mengatakan, dalam kegiatan ini personel dikerahkan untuk melakukan pengamanan agar proses ini berjalan aman, lancar dan tertib.

 

“Kami kerahkan 70 personel untuk lakukan pengamanan pada deklarasi kampanye damai hari ini,” kata Kapolresta.

 

Deklarasi damai ini diharapkan dapat menjadi fondasi yang kuat untuk proses pemilukada yang bersih, jujur, dan adil. Dengan demikian, pemilu dapat berjalan dengan suasana kekeluargaan dan semangat kebersamaan.

“Kami mendukung dan siap menyukseskan seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada Kota Kupang yang berjalan kondusif,” kata Kombes Aldinan Manurung. (AN)