Berikan Himbauan Pilkada dan Pesan Kamtibmas, Satbinmas Sambangi Warga di Pasar

Berikan Himbauan Pilkada dan Pesan Kamtibmas, Satbinmas Sambangi Warga di Pasar

Tribratanewskupangkota.com - Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polresta Kupang Kota dalam rangka mendukung Operasi Mantap Praja (OMP) Turangga 2024, menyambangi warga di sejumlah titik-titik keramaian di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

 

Pelaksanaan patroli yang rutin ini, dilaksanakan di pasar tradisional, pusat perbelanjaan atau mall, hingga sekolah, guna menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) serta mencegah potensi tindak kriminal.

 

"Patroli sambang ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat, memberikan rasa aman, dan memberikan edukasi terkait pentingnya menjaga kondusifitas, khususnya selama periode menjelang Pilkada serentak 2024," ungkap Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, Kamis (17/10/2024).

Selain itu, personel Satbinmas juga secara aktif menyampaikan himbauan Kamtibmas kepada masyarakat, pedagang, pengunjung pasar, hingga anak-anak sekolah, agar lebih waspada terhadap aksi kejahatan, seperti pencurian, penipuan, tawuran dan tindakan kriminal lainnya.

 

Selain menyampaikan pesan terkait pencegahan kriminalitas, dalam patroli sambang ini, Satbinmas juga mengajak masyarakat untuk menjaga situasi yang aman dan damai selama Pilkada 2024.

"Kami mengajak seluruh warga Kota Kupang untuk berpartisipasi secara aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu negatif yang dapat memecah persatuan. Para pelajar kami minta untuk tidak melakukan perundungan atau Bullying di sekolah," ujar Kombes Aldinan.

 

Mantan Wakapolresta Kupang Kota ini menegaskan, bahwa patroli di pusat keramaian akan terus dilakukan secara berkala selama masa kampanye hingga pemungutan suara Pilkada 2024 selesai digelar.

"Kepolisian akan terus berupaya menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, khususnya di tempat-tempat strategis yang sering dikunjungi oleh masyarakat. Patroli sambang adalah salah satu upaya kami untuk mencegah potensi gangguan keamanan dan memastikan proses Pilkada di Kota Kupang berjalan lancar," tutup Kapolresta Kupang Kota. (AN)