Kapolda NTT Lantik 198 Bintara Polri, Kapolresta Hadiri Upacara Pelantikannya di SPN Polda NTT.

Kapolda NTT Lantik 198 Bintara Polri, Kapolresta Hadiri Upacara Pelantikannya di SPN Polda NTT.

Tribratanewskupangota.com – Kapolda NTT PolIrjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., melantik dan mengambil sumpah, Siswa Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2024, bertempat di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda NTT, Kamis (11/7/2024)

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol Aldinan R.J.H. Manurung S.H., S.I.K., M.Si, didampingi  Ketua Bhayangkari Cabang Kota Kupang Kota Ny. Melissa Aldinan Manurung.

Hadir pula diantaranya Wakapolda NTT Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum, Kepala SPN Polda NTT Kombes Pol. Nanang Putu Wardianto, S.ST. Mk, Pejabat Utama Polda NTT, beberapa Kapolres jajaran, perwakilan dari unsur TNI AD, TNI AL dan TNI AU, serta Forkompimda Provinsi NTT.

Inspektur upacara Kapolda NTT memasuki lapangan upacara, menyanyikan lagu Mars Polri, penghormatan pasukan yang dipimpin oleh komandan upacara AKBP I Wayan Supartha, S.E kemudian laporan komandan upacara kepada inspektur upacara dan dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapolda NTT.

Dalam amanat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si. yang dibacakan oleh Kapolda NTT, bahwa hari ini merupakan momentum penting dalam menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan pembentukan bintara dan tamtama yang diselenggarakan di Sepolwan, Pusdik Brimob, Pusdik Polair Lemdiklat Polri, serta SPN Polda yang telah berlangsung selama 5 (lima) bulan.

Dengan berakhirnya program pendidikan ini, maka Polri telah berhasil menambah personel Polri berpangkat Bintara dan juga Tamtama, hal ini tentu menjadi suatu kekuatan strategis untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri agar lebih optimal melalui penambahan jumlah personel ini di seluruh Indonesia. Pelantikan Bintara dan Tamtama yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, yaitu berjumlah sebanyak 9.704 orang siswa, terdiri atas 9.030 polisi laki-laki dan 674 polisi wanita. Jumlah tersebut terbagi dalam 7.517 Bintara Polisi tugas umum, 588 Bintara Brimob, 51 Bintara Polair, 1.397 Tamtama Brimob dan 151 Tamtama Polair.

Pada kesempatan itu, selaku Kapolda NTT mengucapkan selamat kepada para Bintara Remaja yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan selama 5 bulan di lembaga pendidikan Polri dengan baik, dan hari ini dilantik menjadi anggota Polri.

“Dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi dua (Bripda) mulai hari ini, pada diri saudara-saudara telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai warga Negara, yang mengaktualisasikan dalam setiap sikap tutur kata dan perilaku hidup baik, dalam kedinasan maupun di luar kedinasan sehingga mampu menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat. Amanah ini harus selalu saudara ingat dan junjung tinggi serta laksanakan dengan sepenuh hati”, pesan orang nomor satu di Polda NTT tersebut.

Diketahui bahwa jumlah siswa yang dilantik di SPN Polda NTT berjumla 198 orang yang pendidikannya telah berlangsung selama 5 bulan, dimulai sejak tanggal 13 Februari sampai dengan 11 Juli 2024, dengan pola pendidikan yaitu 1,5 bulan Pembentukan Dasar Bhayangkara, 3 bulan Pembekalan Profesi Kepolisian termasuk Latnis dan Latja, 0,5 bulan pembulatan yang meliputi Dasbhara (Out Bound) dan Pembekalan.

Setelah selesainya rangkaian upacara, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan bela diri Polri oleh bintara remaja tersebut.