Jelang Pilkada Serentak, Kapolresta Kombes Aldinan Audiens dengan Bawaslu Kota Kupang

Jelang Pilkada Serentak, Kapolresta Kombes Aldinan Audiens dengan Bawaslu Kota Kupang

Tribratanewskupangkota.com - Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang, Ketua bersama anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kupang melakukan audiens dengan Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H , S.I.K., M.Si, diruangan kerja Kapolresta, pada Jumat (28/6/2024) pagi. 

 

Ketua Bawaslu Kota Kupang Yunior Adi Chandra Nange pada kesempatan audiens dengan menghadirkan juga anggota Bawaslu Kota Kupang mengatakan, Bawaslu Kota Kupang mengharapkan dukungan dan kerjasama dari Polri untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang pada 27 November 2024 mendatang. 

"Kami minta kerjasama dari Kapolresta Kupang Kota, untuk bersama melakukan pengawasan dan memberikan dukungan personel Gakkumdu pada penyelenggaraan Pilkada serentak mendatang, khususnya Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang," ungkap Ketua Bawaslu Kota Kupang. 

 

Sambung dia, kerjasama kolaborasi yang telah terjalin bersama anggota Sentra Gakkumdu dari Satuan Reskrim Polresta Kupang Kota pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota Legislatif pada Februari 2024 lalu, bisa kembali dilanjutkan, dengan harapan lebih ditingkatkan dalam bekerja melakukan pengawasan dan mencegah terjadinya pelanggaraan pidana dalam pilkada. 

 

"Kami juga minta dukungan anggota Gakkumdu yang sama, karena telah bekerja pada Pemilu 2024, dan dapat berlanjut pada Pilkada serentak nanti," harap Adi Nange yang biasa disapa. 

Ke depan, tambah dia, kami akan lakukan pemetaan terkait potensi-potensi kerawanan, dengan memulai dari tahapan pemutakhiran data Pemilukada, sehingga bisa mencegah terjadinya pemalsuan identitas yang biasanya sering terjadi, tutup Ketua Bawaslu. 

 

Pada kesempatan itu, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas mengucapkan terima kasih atas kerja Bawaslu Kota Kupang yang didukung oleh kepolisian, sejak pengawalan kotak suara dari gudang penyimpanan hingga sampai di TPS. 

 

"Kami apresiasi fungsi intelijen dalam melakukan deteksi dini, dan seluruh personel yang melakukan pengamanan dan pengawalan ketat kotak-kotak suara sejak dari gudang penyimpanan sampai ke setiap TPS, dan pengembalian ke gudang penyimpanan yang berlangsung kondusif," puji Muhamad Fathuda. 

 

Kapolresta Kupang Kota dengan didampingi Kasat Reskrim Akp Yohanes Suhardi, S.Sos., M.H mengatakan, bahwa kepolisian akan bekerja sesuai tupoksi, agar penyelenggaraan pilkada serentak berlangsung aman dan tertib. 

"Aturan yang dipakai, tetap aturan yang lama, dan kami tentunya akan kawal dari hulu hingga ke hilir. Setiap tahapan pilkada berlangsung, hingga pelantikan nanti, kami minta kerjasama dan saling mendukung secara terus menerus antar Bawaslu Kota Kupang dan Polresta Kupang Kota tanpa adanya ego sektoral, sehingga menghasilkan penyelenggaraan Pilkada yang aman dan damai," harap Kapolresta. 

 

Dikatakan lagi Kombes Aldinan Manurung, loyalitas dan soliditas anggota akan kami tingkatkan. Pencegahan yang akan kami kedepankan, agar tidak sampai menjadi tindak pidana Pemilu, pungkas mantan Wadir Narkoba Polda NTT ini. (AN)