Jamin Keamanan Saat Perayaan Paskah, Polresta Kupang Kota Laksanakan Lat Pra Ops Semana Santa Turangga 2023.

Jamin Keamanan Saat Perayaan Paskah, Polresta Kupang Kota Laksanakan Lat Pra Ops Semana Santa Turangga 2023.

Tribratanewskupangkota.com - Polresta kupang Kota melaksanakan kegiatan Latihan Pra Operasi Samana Santa Turangga 2023, Selasa (04/04/23) bertempat di Aula Bijaksana Polresta Kupang Kota. Kegitan tersebut dipimpin Kabag Ops Polresta Kupang Kota Kompol Jony F Sihombing, S.E.,S.I.K., M.M dan dihadiri oleh Kasat Intelkam, Kasat Reskrim, Kasat Samapta, Kasat Binmas, KBO Lantas, Para Kasi, Pama dan personel Polresta Kupang Kota.

Kabag Ops Polresta Kupang Kota dalam pemaparanya menyampaikan perkiraan ancaman menjelang perayaan paskah tahun 2023 yaitu; Potensi gangguan keamanan diantaranya tradisi umat/masyarakat dalam menyambut perayaan Paskah seperti pesta maupun arak-arakan, peningkatan sentra ekonomi/perbankan, meningktnya kebutuhan sembako dan meningktnya kegiatan/aktifitas di tempat hiburan dan restoran.

Ambang Gangguan diantaranya Jalan Protokol, Terminal, penyebrangan laut dan bandara udara, Rest Area, Gereja, Pemukiman, Kediaman Pejabat, tempat rekreasi dan hibura, Posko pengamanan serta penyebaran Covid 19.

Gangguan nyata diantaranya kecelakanaan laut, kecelakaan udara maupun kecelakaan lalulintas di jalan raya, kemacetan, pesta miras, konvoi dengan menggunakan knalpot racing, pencurian dengan kekerasan dan pencurisn dengan pemberatan, penganiayaan dan terorisme.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari masing-masing kasat yaitu Kasat Samapta dengan peningkatan patroli dan penjagaan di daerah keramaian baik di gereja maupun tempat perbelanjaan dan tempat rekreasi.

Kasat intel dalam pemaparannya menyampaikan potensi kerawanan menjelang perayaan Paskah Tahun 2023 diantaranya pelanggaran prokes, penodaan terhadap kelengkapan liturgis, ancaman teror bom, kemacetan arus lalulintas di sekitar lokasi ibadah, tindak pidana khususnya pencurian kendaraan bermotor baik dilokasi ibadah maupun pemukiman warga.

Kasat Binmas dalam pemaparanya menyampaiakan dalam rangka Opresi Samana Santa Tahun 2023 Sat Binmas siap bekerja sama dan berkolaborasi menyukseskan perayaah paska Tahun 2023, dengan meningkatkan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga keamanan selama Pasakah 2023.

KBO Lantas dalam pemaparannya menyampaikan setiap minggu dalam melakukan pengamanan ibadah,  Sat Lantas selalu melakukan penindakan terhadap pelanggaran Lalu lintas, untuk itu dalam antisipsi mengamankan kegiatan Ibadah Paskah Tahun 2023 Sat Lantas tetap melakukan pengaturan, penindakan terhadap knalpot racing mengantisipasi kerawanan yang menggangu jalannya ibadah. Pada saat pengamanan ibadah menyarankan agar dapat memploting personel Lantas pada gereja-gereja prioritas.

Kasat Reskrim dalam pemaparanya kekuatan personel Reskrim secara reel sebanyak 62 personil, siap dalam mengamankan Ops Samana Santa Tahun 2023, dengan fokus sasaran perjudian, curanmor, curat, curas pada pusat perbelanjaan pusat keramaian.

Kasi Dokes Polresta Kupang Kota, akan tetap memprioritaskan kesehatan personil dalam melaksanakan pengamanan serta berkoordinasi dengan BagOps untuk dapat mendistribusikan obat berupa vitamin kepada personil yang ditempatkan pada Pos.

Kegitan Latihan Pra Operasi Samana Santa Turangga 2023 dalam rangka mengecek kesiap-siagaan personil dalam pengamanan hari Raya Paskah pada tanggal 07 April Tahun 2023 mendatang.