Debat Publik Pertama Pilkada Wali Kota Kupang, Polresta Kerahkan Ratusan Personel Pengamanan

Debat Publik Pertama Pilkada Wali Kota Kupang, Polresta Kerahkan Ratusan Personel Pengamanan

Tribratanewskupangkota.com – Polresta Kupang Kota mengerahkan 151 personel untuk melakukan pengamanan jalannya debat publik pertama pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang Tahun 2024, yang berlangsung di Ballroom Palacio Hotel Aston, Jalan Timor Raya, Kelurahan Kelapa Lima, Kota Kupang, pada Sabtu (19/10/2024) kemarin.

Dihadiri oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, Penjabat Wali Kota Kupang Linus Lusi, S.Pd., M.Pd, Ketua KPU Kota Kupang Ismael Manoe, Ketua Bawaslu Kota Kupang Yunior Adi Nange, dan Ketua DPRD Kota Kupang Richard Odja, debat publik pertama ini mengambil tema "Membangun Kupang Kota Kasih Menuju Kota Transformasi", dengan lima sub tema yaitu, Pertumbuhan Ekonomi, Perbaikan Kualitas Pendidikan, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kualitas Pelayanan Publik dan Kebijakan Publik yang Pro Rakyat.

 

Kapolresta Kupang Kota melalui Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Kompol Oktovianus Wadu Ere, S.H yang memimpin personel pengamanan mengatakan, kepolisian memastikan jalannya debat publik dengan aman dan tertib tanpa adanya gangguan.

 

“Kami telah tempatkan personel pada beberapa lokasi, baik di dalam maupun di luar gedung hotel, guna menjamin keamanan selama pelaksanaan debat berlangsung,” ujar Kabagops yang juga selaku Karendalops.

Dikatakannya lagi, sebelum seluruh tamu undangan dan pasangan calon serta simpatisan pendukungnya tiba di lokasi, Unit Jibom Satbrimobda Polda NTT telah melakukan sterilisasi di dalam ruangan, memastikan tidak adanya benda-benda mencurigakan yang dapat menjadi penghambat atau potensi gangguan.

“Kami pastikan seluruh rangkaian kegiatan ini berjalan aman, tertib dan lancar, sejak dari titik kumpul para pasangan calon di sekretariatnya masing-masing menuju ke lokasi acara debat yang dikawal oleh anggota Satlantas, hingga akhir pelaksanaan debat,” jelas Kabagops lagi.

 

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, yakni kelima pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang periode 2024-2029, antara lain:

  1. Paket Nomor Urut 1: Alexander Funay, S.T dan Isyak Nuka, S.T., M.M.
  2. Paket Nomor Urut 2: Jonas Salean, S.H., M.Si dan Sukardan Aloysius, SH., M.Hum.
  3. Paket Nomor Urut 3: George Melkianus Hadjoh, S.H dan Theodora Ewalda Taek, S.Pd.
  4. Paket  Nomor Urut 4: Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M., M.H dan Dr. Lusia Adinda Dua Nurak, S.Pd., M.M.
  5. Paket  Nomor Urut 5: dr. Christian Widodo dan Serena Cosgrova Franscies, S.Sos.

 

Kapolresta Kupang Kota yang ditemui usai pelaksanaan debat, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak, sehingga pelaksanaan debat pertama berjalan aman sejak awal hingga selesai.

 

“Terima kasih kepada KPU dan Bawaslu Kota Kupang sebagai pihak penyelenggara dan pengawas, para pasangan calon dan simpatisan pendukungnya, serta masyarakat Kota Kupang, sehingga seluruh rangkaian kegiatan sejak dari kantor sekretariat masing-masing pasangan calon, saat pelaksanaan debat, dan hingga berakhir dalam keadaan aman, tertib dan lancar tanpa gangguan dan hambatan,” ucap Kapolresta.

Untuk diketahui, KPU Kota Kupang sebagai penyelenggara kegiatan debat Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang dalam penyampaian visi misi dan program kerja, akan menggelar debat publik kedua pada tanggal 02 November 2024 dan debat publik ketiga atau yang terakhir pada tanggal 23 November 2024. (AN)