Barang Kadaluwarsa di Pasar Oeba Jadi Sasaran Pelaksanaan Operasi Pekat Polresta Kupang Kota

Barang Kadaluwarsa di Pasar Oeba Jadi Sasaran Pelaksanaan Operasi Pekat Polresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com - Jumat, tanggal 16 Desember 2022 pukul 16.50 Wita kembali dilaksanakan Operasi Pekat Turangga 2022 hari ke-12 oleh Personel Polresta Kupang Kota. Kegiatan ini dipimpin oleh Kabag Ops (Kompol Joni F. M. Sihombing, S.E., M.M., S.I.K) sebagai Karendal Ops Res dan didampingi oleh Kasat Intelkam (Kompol Jonny S. Nahak, S.E., S.I.K) sebagai Kasatgas Deteksi, Kasat Samapta (AKP Teosasar M. M. F. Ngulu, S.Sos., M.M) sebagai Kasatgas Preventif, Wakasatres Narkoba (Iptu Gustaf Steven Ndun, S.I.P) sebagai Kasatgas Tindak, Kasubbagdalops (Ipda Edy Halek) sebagai Kaposko, Kasikum (Iptu Apris Wahi), Kanit Samapta Polsek Kelapa Lima (Iptu Adrianus Feliks), sebagai Kasi Dokes, dan Kasubbagwatpers (Iptu Daud Bessie, Amd.Kep), sebagai Ka UKL III (Ipda Chrisantus Hilarius Ndiwa, S.H) serta diikuti oleh 105 Personil Polresta Kupang Kota.

Kegiatan diawali dengan apel persiapan operasi yang dipimpin oleh Kasat Samapta (AKP Teosasar M. M. F. Ngulu, S.Sos., M.M) sebagai Kasatgas Preventif. Kasat Samapta menyampaikan mengenai sasaran Operasi Pekat antara lain, melakukan pengecekan terhadap bahan-bahan makanan (sembako) yang sudah melewati masa kadaluarsa di kios-kios maupun toko-toko, dengan lokasi sasaran di seputaran Pasar Oeba Kupang.

Setelah diadakan pemeriksaan terhadap beberapa pedagang sembako di Pasar Oeba Kupang, ditemukan adanya beberapa bahan sembako yang sudah melewati masa kadaluarsa. Petugas kemudian mengamankan makanan yang sudah melewati batas kadaluarsa dari para penjual tersebut. Adapun barang bukti yang ditemukan yaitu, dari saudara MFF antara lain 4 botol saos ABC, 4 botol kecap ABC, 4 pack saus dan 3 dos agar-agar. Dari saudara N antara lain 1 renteng Kopi Kapal Api, dari saudara NL antara lain 5 bungkus tepung terigu merk Gatot Kaca, 7 dos tepung maizena dan 6 dos tepung Hayway, dari saudara H antara lain 2 bungkus Eko Mie, 4 toples Kino Boni Ball, 3 bungkus tisu, 2 toples coklat, 2 botol minyak wijen, 2 dos pampers Mamy Poko, 2 dos biscuit Roma Merigold, 3 renteng Nutrisari, 1 botol susu Ultra Mild ukuran 1000 mL, dari saudara RM antara lain 5 bungkus Koko Krunch, 7 botol sambal ABC, 5 bungkus tepung Mama Suka, 5 bungkus Nutrisari, 5 bungkus Fransen Flack, 9 bungkus susu sachet dan 6 botol Entrasol.

Personel Operasi Pekat juga mengamankan 3 unit sepeda motor yang menggunakan knalpot racing dan juga mariam yang terbuat dari kaleng. Pukul 18.00 Wita, kegiatan berakhir dengan aman, tertib dan lancar. Kegiatan ini ditutup dengan apel konsolidasi yang dipimpin oleh Kasubbagwatpers (Ipda Chrisantus Hilarius Ndiwa, S.H) sebagai Ka UKL III. Kegiatan Operasi Pekat dilaksanakan dalam rangka memberikan jaminan situasi kamtibmas kepada seluruh masyarakat di Kota Kupang agar aman dan kondusif dari berbagai bentuk ancaman serta gangguan keamanan dan juga sebagai upaya cipta kondisi dengan sasaran seluruh penyakit masyarakat seperti perjudian, miras, sajam, senpi atau rakitan, handak, aksi premanisme, kegiatan prostitusi, barang kadaluarsa dan narkoba serta barang berbahaya lainnya. Untuk makanan yang sudah melebihi batas kadaluarsa telah dilakukan penyitaan oleh personil Polresta Kupang Kota dengan memberikan bukti surat tanda terima barang dan pada saat dilakukannya pemusnahan barang kadaluarsa tersebut petugas akan menghadirkan pemilik dari barang tersebut.