Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Vvip Kunjungan Presiden Repubik Indonesia Beserta Rombongan Di Provinsi Ntt

Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Vvip Kunjungan  Presiden Repubik Indonesia Beserta Rombongan Di Provinsi Ntt

Tribratanewskupangkota. Sabtu 26 Desember 2015 Pukul 08.00-09.00 wita berlangsung Upacara apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan VVIP kunjungan Presiden RI dan Ibu beserta rombungan yang di pimpin oleh Kapolda NTT  di Lapangan Mapolda NTT Jl.Soeharto Kota Kupang, sebagai Inpektur Upacara Kapolda NTT Brigjen Pol Endang Sunjaya, SH.MH dan sebagai  komandan Upacara Danyon 743 Letkol inf Firman,S.H dan dihadiri oleh Danrem 161 Wirasakti, Danlantamal VII Kupang, Danbrigif-21/Komodo, Danlanud El tari Kupang, Kabinda NTT, Dansatgas dan para Dansubsatgas yang tergabung dalam satgat Pengamanan RI 1 yang hadir sekitar  1.000 Orang.

Dalam sambutannya Kapolda NTT Brigjen Pol Endang Sunjaya, SH.MH mengatakan bahwa Kunjungan Presiden RI beserta ibu dan rombongan ke wilayah Prov. NTT yang rencananya akan dilaksanakan mulai 27 s.d. 28 Desember 2015 adalah dalam rangka meresmikan Terminal Bandara Komodo di Labuan Bajo dan Ground Breaking Pembangunan Waduk Rotiklot di Kab. Belu serta menghadiri acara perayaan Hari Raya Natal bersama tahun 2015 di Kupang, Kapolda NTT mengharapkan ketiga agenda tersebut berjalan aman dan lancer,  Pengamanan VVIP sudah sering kita laksanakan baik dalam event nasional maupun Internasional sebelumnya, namun demikian kita tidak boleh lengah ataupun menganggap biasa tugas pengamanan VVIP ini. Agar pengamanan VVIP dapat berjalan aman dan lancar maka perlu dilaksanakan apel gelar pasukan yang bertujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan  pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai prosedur tetap (Protap) VVIP sehingga tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur, Selain itu, apel gelar pasukan ini hendaknya dijadikan sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yag ada di lapangan sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaannya serta bila terjadi  kendala dilapangan dapat segera diatasi. Dalam setiap pelaksanaan tugas pengamanan VVIP, Kodam IX/Udayana selalu Koops Pam VVIP wilayah Bali Nusra dibantu Polda, Pemerintah Daerah setempat dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan secara optimal. Untuk itu perlu adanya kejelasan terhadap tugas, tanggung jawab, dan rantai Komando secara efektif dan efisien. Kapolda NTT menghimbau agar pelaksanaan pengamanan dapat berjalan dengan baik maka pihaknya menekannkan kepada seluruh personel yang tergabung dalam Satuan Tugas pengamanan VVIP agar memahami dan menguasai Prosedur Tetap pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggungjawab masing-masing, pegang teguh disiplin dan pahami rantai Komando, tingkatkan kewaspadaan dan kepekaan terhadap segala kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain, jangan ragu dalam bertindak, tigkatkan koordinasi secara optimal dengan seluruh unsur yang terkait. Serta cermati perkembangan situasi secara terus menerus dan segera laporkan bila terdapat kejanggalan dalam pelaksanaan tugas.

Dalam pelaksanaan apel gelar pasukan Kapolda NTT,yang didampingi  Danrem 161 wirasakti, Danlantamal serta Kabinda NTT melakukan pengecekan Pasukan kesetiap Subsatgas guna melakukan pengecekan Kesiapan porsonil dalam pelaksanaan tugas Pengamanan kunjungan Presiden RI.