Unit Lantas Polsek Alak Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas di Gereja Shekinah Glory Namosain

Unit Lantas Polsek Alak Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas di Gereja Shekinah Glory Namosain

Tribratanewskupangkota.com - Dalam rangka Operasi Zebra Turangga 2024, Unit Lantas Polsek Alak Polresta Kupang Kota, melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja di Gereja Shekinah Glory Namosain, Selasa (15/10/2024) kemarin.

 

Ipda I Nyoman Pasek Martika selaku Kanit Lantas Polsek Alak, menjadi narasumber dalam kegiatan penyuluhan ini. Dalam sosialisasinya, Ipda Nyoman menekankan pentingnya keselamatan dalam berlalulintas, terutama bagi anak-anak dan remaja. Materi yang diberikan mengenai tata cara berkendara yang baik dan benar, serta dampak negatif dari pelanggaran lalulintas.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si menyampaikan bahwa pentingnya peran masyarakat, khususnya generasi muda, dalam mewujudkan ketertiban lalulintas.

"Operasi Zebra Turangga ini bukan sekedar penegakkan hukum, tetapi juga wujud dari kepedulian Polri terhadap keselamatan setiap individu di jalan,” ujar Kapolresta, Rabu (16/10/2024) pagi di ruangan kerjanya.

 

Tambah Kapolresta Aldinan Manurung, generasi muda harus mulai memahami bahwa keselamatan berlalulintas adalah tanggungjawab bersama, seperti menggunakan helm SNI, tidak berboncengan lebih dari 1 orang, melengkapi surat-surat kendaraan, tidak ugal-ugalan saat berkendara, dan tidak menggunakan knalpot brong aatu racing.

 

Kanit Lantas Polsek Alak dalam memberikan sosialisasi, juga dengan memutar video tentang kecelakaan lalulintas dan memberikan demonstrasi langsung mengenai pentingnya menggunakan helm.

 

Menggunakan buah semangka sebagai alat peraga, Ipda Nyoman lalu menunjukkan akibat yang ditimbulkan saat terjadi benturan di bagian kepala manusia yang terlindungi dengan helm, dan kepala manusia yang tidak terlindung helm.

"Helm sangat penting untuk melindungi kepala kita. Sama seperti buah semangka yang pecah saat tidak dilindungi, kepala kita juga bisa mengalami cedera serius jika tidak menggunakan helm," ungkap Ipda Nyoman.

 

Selain itu, dia juga mengingatkan kepada peserta sosialisasi mengenai batas usia minimal untuk mengendarai kendaraan bermotor, dan bahaya berkendara sambil menggunakan ponsel, atau di bawah pengaruh minuman beralkohol/minuman keras.

 

"Saya berharap anak-anak dan remaja yang hadir hari ini dapat menjadi pelopor keselamatan dalam berlalulintas di lingkungannya," pesan Kanit Lantas.

 

Kegiatan sosialisasi ini mendapat apresiasi positif dari pihak gereja. Pendeta Yusuf sebagai menyampaikan terima kasih atas inisiatif Polsek Alak dalam memberikan edukasi kepada anak-anak muda.

 

"Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalulintas di jalan," ujar Pendeta Yusuf.

 

Sambungnya, kegiatan sosialisasi ini juga menjadi bukti sinergi yang baik antara kepolisian, gereja, dan lembaga perlindungan anak.

 

Koordinator PPA Bapak Eliazar Sau, menyampaikan bahwa kerjasama ini akan terus ditingkatkan untuk memberikan perlindungan bagi anak-anak dan remaja.

 

“Melalui sosialisasi ini, diharapkan kesadaran masyarakat, terutama anak-anak dan remaja akan pentingnya keselamatan berlalulintas dapat lebih meningkat,” harap dia.

 

Polsek Alak Polresta Kupang Kota dalam melakukan sosialisasi dan edukasi, dengan tujuan untuk menekan angka pelanggaran dan juga kecelakaan lalulintas, sehingga terciptanya lalulintas di jalan yang aman, tertib, dan lancar. (LLLC)