Supervisi ke Polresta, Kabidhumas Ariasandy Tekankan Pentingnya Literasi Digital

Supervisi ke Polresta, Kabidhumas Ariasandy Tekankan Pentingnya Literasi Digital

Tribratanewskupangkota.com - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K, melakukan supervisi bidang kehumasan ke Polresta Kupang Kota, Alamat Jalan Frans Seda, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, pada Jumat (7/6) siang. 

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si menerima langsung Kabidhumas Polda NTT yang datang dengan didampingi oleh Kaurren Subbagrenmin Ipda Ernesto J. Oliver, S.Th dan Bripka Tantry E. Gawila, A.Md. 

Supervisi yang dilakukan dalam rangka memberikan arahan kepada seluruh personel Polresta Kupang Kota, terkait pelayanan kepada masyarakat yang senantiasa dapat direspon dengan baik dan secara cepat dan tepat, serta menyampaikan terkait peran Humas Polri dalam melakukan penerangan atau penyampaian informasi kepada masyarakat, tentang tugas dan fungsi dari setiap bagian dan satuan di lingkungan kepolisian. 

 

"Suatu kewajiban bagi satuan fungsi tingkat Polda, untuk lakukan supervisi ke Polres jajaran, guna melihat peran dari fungsi humas yang telah dijalankan, dan mengingatkan kepada setiap Pegawai Negeri Pada Polri (PNPP) termasuk ASN, akan peran seluruh PNPP sebagai pengemban fungsi kehumasan," ungkap Kabidhumas dengan didampingi Kapolresta Kupang Kota. 

 

Arahan yang dilakukan di Aula Bijaksana ini, dihadiri oleh para Kabag, Kasat, Kapolsek, Kaurbinops, Kasie dan Kanit, serta personel Polresta Kupang Kota 

 

Diingatkannya lagi, Polresta Kupang Kota merupakan barometer pelayanan kepolisian kepada masyarakat di NTT, sehingga Kabidhumas meminta para perwira untuk mengontrol dan mengawasi anggotanya, khususnya pada bidang pelayanan langsung kepada masyarakat. 

"Perwira lakukan pengawasan melekat kepada anggota bidang pelayanan, seperti di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) karena merupakan gerbang pertama bagi masyarakat yang ingin mendapat pelayanan dan atau pengaduan, pelayanan SIM di Satlantas, SKCK di Satintelkam dan pelayanan penerbitan Sidik jari di Satreskrim" pesan mantan Kapolres TTS ini. 

 

Selain itu, Kombes Ariasandy menegaskan bahwa saat ini kita hadapi masyarakat generasi z yang sudah melek akan teknologi, dan melalui media sosial serta media online, dapat mengawasi dan memberikan kritikan atas kinerja Polri. 

 

"Kita sudah pada masa transparan, sehingga betul-betul kita layani masyarakat dengan baik, sehingga kepercayaan kepada Polri terus meningkat, sehingga tentunya kamtibmas yang kondusif dapat terwujud," ujarnya lagi. 

 

Laporan atau isu yang ada di media sosial, sambung mantan Wadir Lantas Polda NTT ini, segera ditindaklanjuti, agar masyarakat cepat terlayani dan mendapat pelayanan yang baik. 

 

"Masyarakat sangat peka dan kita harus berikan quick respon dengan cepat, baik dan secara tepat, agar masyarakat merasakan kehadiran polisi yang dapat memberikan rasa dan aman dan nyaman," pesan Kabidhumas lagi. 

Diakhir arahannya, Kabidhumas meminta internalisasi kehumasan dan intensifikasi kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari, termasuk keluarga. 

 

"Internalisasi kehumasan termasuk keluarga, yang dilaksanakan dengan memberikan pemahaman terkait hal ikhwal kehumasan kejahatan siber dan literasi digital, serta intensifikasi kebiasaan baru dapat mengajak keluarga untuk menampilkan kegiatan-kegiatan positif, memberi respon positif di media sosial dan tidak ikut menyebarkan konten yang bersifat negatif," ajak Kabidhumas Polda NTT. (AN)