Sub Satgas Propam Lakukan Pengawasan Ops Mantap Praja Pilkada 2024

Sub Satgas Propam Lakukan Pengawasan Ops Mantap Praja Pilkada 2024

Tribratanewskupangkota.com - Satuan Tugas Bantuan Operasi (Satgas Banops) melalui Sub Satuan Tugas Profesi dan Pengamanan (Sub Satgas Propam) dalam Operasi Mantap Praja (OMP) Turangga 2024 Polresta Kupang Kota, melaksanakan pengecekan terhadap personel pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kupang, serta gudang penyimpanan logistik pilkada. 

 

Pengecekan ini dilakukan oleh Kepala Sub Satgas Propam Iptu Muhamad Iqbal, yang juga selaku Kasie Propam Polresta Kupang Kota, guna melihat dan memastikan kesiapsiagaan personel yang bertugas. 

"Kami ingin memastikan seluruh personel yang diberi tanggungjawab untuk menjaga keamanan di kantor KPU, Bawaslu dan gudang logistik pilkada hadir dengan lengkap, serta menjalankan tugas dengan baik selama piket sehari penuh atau 1x24 jam," ujar Iptu Iqbal yang akrab disapa, Jumat (11/8/2024). 

 

Arahan pimpinan (Kapolresta Kupang Kota Kombes Aldinan Manurung) tentang netralitas Polri, sudah jelas, bahwa Polri netral dalam setiap gelaran pemilu dan atau pilkada. 

"Polri sesuai undang-undang dan surat telegram Kapolri hingga Kapolda NTT, netral dalam pesta demokrasi pemilu, dengan tidak berpolitik praktis, mendukung atau ikut serta memilih pasangan atau salah satu pasangan calon kepala daerah," beber Kasipropam. 

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., SI.K., M.Si yang ditemui menjelaskan bahwa Polri merupakan salah satu leading sector yang bertanggungjawab memastikan seluruh tahapan pilkada serentak berjalan dengan kondusif. 

"Polri yang sudah diberi tanggungjawab bersama stakeholder lain dalam pengamanan seluruh rangkaian pemilu, harus menjalankan amanah negara dan rakyat ini dengan baik, sehingga pilkada serentak berlangsung aman, damai dan sejuk," kata Kapolresta. 

 

Kegiatan pengawasan oleh Sub Satgas Propam ini, tegas Kombes Aldinan Manurung penting untuk menjamin kesiapan dan kedisiplinan anggota yang menjaga objek vital pilkada, serta untuk memastikan tidak ada pelanggaran yang dilakukan selama masa pengamanan. 

"Kami selalu diawasi oleh Propam dan masyarakat, sehingga seluruh personel harus menjalankan tugas dengan tanggungjawab dan disiplin tinggi, serta menjaga netralitas dan integritas sebagai anggota Polri," pesan mantan Kapolres Kupang ini. (AN)