Sub Satgas Binmas Gelar Sosialisasi dan Edukasi kepada Warga di Arena CFD

Sub Satgas Binmas Gelar Sosialisasi dan Edukasi kepada Warga di Arena CFD

Tribratanewskupangkota.com - Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan seluruh tahapan Pilkada serentak 2024, Satgas Preventif Operasi Mantap Praja Turangga 2024 Polresta Kupang Kota melalui Sub Satgas Binmas memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Kegiatan ini berlangsung di arena Car Free Day (CFD) Jalan El Tari Oebobo dan Bundaran Tirosa, Kelurahan Tuak Daun Merah, Kota Kupang, Sabtu (12/10/2024). 

 

Dipimpin oleh Kaurbinops Satuan Binmas Polresta Kupang Kota Ipda Leonardus Dima, personel Sub Satgas Binmas menyampaikan edukasi melalui berbagai pendekatan, seperti sambang, silaturahmi, dan tatap muka langsung dengan masyarakat. 

Dalam kegiatan ini, masyarakat Kota Kupang diberikan pemahaman mengenai tahapan Pilkada 2024 serta informasi terkait misinformasi yang kerap muncul, seperti berita hoaks dan ujaran kebencian (hate speech). 

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si dalam keterangannya menyampaikan, "Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kondusifitas keamanan selama proses Pilkada. Masyarakat perlu dibekali dengan informasi yang benar dan akurat, agar tidak mudah terpengaruh oleh berita bohong yang dapat memecah persatuan.," ungkap Kombes Aldinan. 

Kami juga berharap, melalui sosialisasi ini, lanjut dia, masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga ketertiban umum dan berpartisipasi dalam menyukseskan Pilkada serentak 2024. 

 

Selain memberikan edukasi tentang Pilkada, personel Sub Satgas Binmas juga menekankan pentingnya filterisasi terhadap berita yang beredar di media sosial, agar masyarakat tidak terjebak dalam penyebaran informasi yang menyesatkan. 

 

"Polresta Kupang Kota berkomitmen untuk terus menggelar kegiatan serupa hingga seluruh tahapan Pilkada selesai, sebagai bagian dari upaya menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Kupang," sebut Kapolresta. 

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu menciptakan situasi yang aman dan kondusif, selama berlangsungnya tahapan Pilkada. 

 

Masyarakat yang hadir menyambut baik kegiatan ini, dengan harapan semakin banyak warga yang sadar akan pentingnya menjaga keamanan dan kedamaian dalam proses demokrasi. (LW)