Sinergisitas TNI dan Polri, Amankan Penumpang di Pelabuhan Laut Tenau Kupang

Sinergisitas TNI dan Polri, Amankan Penumpang di Pelabuhan Laut Tenau Kupang

Tribratanewskupangkota.com - Sinergisitas antar institusi TNI dan Polri di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, ditunjukkan oleh personel dari Polsubsektor Pelabuhan Laut Tenau dan personel Lantamal VII Kupang dalam mengamankan embarkasi penumpang (proses naik ke atas kapal) Kapal Motor Penumpang Wilis, dengan tujuan pelabuhan di Kabupaten Alor, pada Selasa (25/6/2024) siang.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang ditemui di ruangan kerjanya mengatakan, sebagai aparat keamanan yang menjaga kamtibmas, Polri bekerjasama dengan seluruh instansi terkait di pelabuhan, termasuk personel dari Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang.

"Dalam upaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di area pelabuhan tenau, serta memberikan perlindungan kepada masyarakat yang beraktivitas di sana, Polri bekerjasama dan saling mendukung dengan seluruh pemangku kepentingan," ungkap Kapolresta Aldinan Manurung.

 

Lebih lanjut dikatakan, selain pengamanan embarkasi dan debarkasi penumpang, juga dilaksanakan patroli bersama di areal pelabuhan, guna memastikan keamanan yang kondusif.

 

"Patroli juga dilakukan bersama, untuk memastikan keamanan dan ketertiban penumpang tetap kondusif, serta memberikan himbauan untuk tidak menggunakan jasa calo dan portir ilegal, agar terhindar dari tindakan yang akan merugikan diri sendiri," jelas mantan Wadir Narkoba Polda NTT ini.

Pada kesempatan ini juga, orang nomor satu di Polresta Kupang Kota menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban, dan segera melaporkan tindak pelanggaran atau kejahatan yang terjadi di areal pelabuhan, ke personel Polsubsektor Pelabuhan Tenau atau melalui Call Center bebas pulsa Polri di nomor 110.

 

"Masyarakat atau penumpang, segera melapor ke anggota Polsubsektor di Pelabuhan Tenau, apabila melihat atau mengetahui segala bentuk kegiatan yang mencurigakan, agar segera ditindaklanjuti," pesan dia.

Dengan kerjasama yang baik antara aparat keamanan, instansi terkait di pelabuhan dan masyarakat, diharapkan dapat terciptanya lingkungan pelabuhan yang lebih kondusif untuk semua pihak, tandas Kombes Aldinan. (AN)