Satu Minggu Setelah Pembukaan, Animo Peserta di Pabanrim Polresta Kupang Kota Hampir Mencapai Ribuan Orang.

Satu Minggu Setelah Pembukaan, Animo Peserta di Pabanrim Polresta Kupang Kota Hampir Mencapai Ribuan Orang.

Tribratanewskupangkota.com - Setelah dibuka penerimaan seleksi calon anggota Polri pada tanggal 4 April 2023, peserta yang telah mendaftar di Panitia Pembantu Penerimaan (Pabanrim) Polresta Kupang Kota secara online sudah mencapai 895 orang. Dengan banyaknya animo masyarakat Kota Kupang, khususnya remaja yang ingin menjadi anggota Polri, terbukti bahwa Polri masih menjadi salah satu profesi yang terus diminati oleh para remaja, namun diketahui bahwa Polri bukan hanya sebuah profesi namun sebuah jalan untuk mengabdi. 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, yang ditemui saat memantau langsung proses verifikasi di halaman belakang mako Polresta Kupang Kota, mengatakan bahwa ini menjadi sebuah bukti bahwa menjadi anggota Polri masih diminati oleh remaja karena merupakan sebuah profesi yang mulia, dimana polisi menjadi sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta pemeliharaan kamtibmas. 

"Saya harap panitia bisa bekerja dalam melayani adik-adik peserta ini dengan baik. Layani mereka dengan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) sehingga setelah menjadi anggota Polri, mereka bisa bekerja sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku sehingga Polri tetap di cintai oleh masyarakat", ujar Kombes Krisna. 

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Kompol Margaritha R. Sulabesi, S.Sos, menjelaskan bahwa animo pendaftar sebagai calon anggota Polri sampai dengan tanggal 12 April 2023 pukul 09.00 Wita sudah mencapai 895 orang, dengan rincian calon Taruna Akpol sebanyak 55 orang, Bintara Polisi Tugas  Umum (Ba PTU) 652 orang, Bintara Polair 6 orang, Bintara Brimob 95 orang, Bintara Kompetensi Khusus Tenaga Kesehatan (Bakomsus Nakes) 7 orang, Tamtama Brimob 72 orang dan Tamtama Polair 8 orang. Namun untuk jumlah peserta yang sudah terverifikasi oleh Pabanrim Polresta Kupang Kota sebanyak 129 orang dengan rincian calon Taruna Akpol sebanyak 7 orang, Bintara PTU 111 orang, Bintara Brimob 9 orang dan Tamtama Brimob 2 orang. 

Dihimbau kepada peserta yang sudah mendaftar secara online untuk segera melengkapi berkas administrasi dan mendatangi Pabanrim Polresta Kupang Kota untuk melakukan verifikasi secara manual, tambah Kompol Ritha. 

"Diharapkan dengan adanya perpanjangan waktu pendaftaran dan verifikasi, para peserta bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk melengkapi berkas dan menyiapkan diri dengan belajar dan berlatih", tutup Polwan senior Polresta Kupang Kota tersebut. 

Untuk diketahui bahwa Panitia Pusat (Panpus) penerimaan calon anggota Polri telah memperpanjang waktu pendaftaran dan verifikasi yang semula sampai dengan tanggal 14 April 2023, diperpanjang menjadi tanggal 17 April 2023.