Sambut Hut Polwan Ke-73, Polwan Polres Kupang kota Melaksanakan Bakti Sosial

Sambut Hut Polwan Ke-73, Polwan Polres Kupang kota Melaksanakan Bakti Sosial

Tribratanewskupangkota.com-  Sejarah kelahiran Polisi Wanita (Polwan) di Indonesia tak jauh berbeda dengan proses kelahiran Polisi Wanita di negara lain, yang bertugas dalam penanganan dan penyidikan terhadap kasus kejahatan yang melibatkan kaum wanita baik korban maupun pelaku kejahatan.

Polwan di Indonesia lahir pada 1 September 1948, berawal dari Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, tatkala Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) menghadapi Agresi Militer Belanda II, dimana terjadinya pengungsian besar-besaran pria, wanita, dan anak-anak meninggalkan rumah mereka untuk menjauhi titik-titik peperangan. Untuk mencegah terjadinya penyusupan, para pengungsi harus diperiksa oleh Polisi, namun para pengungsi wanita tidak mau diperiksa apalagi digeledah secara fisik oleh Polisi pria.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Indonesia menunjuk SPN (Sekolah Polisi Negara) Bukittinggi untuk membuka “Pendidikan Inspektur Polisi” bagi kaum wanita. Setelah melalui seleksi terpilihlah 6 (enam) orang Polwan pertama di Indonesia.

Maka dalam rangka memperingati hari lahir Polisi Wanita yang ke-73 tahun 2021 tersebut, Polwan Polres Kupang Kota yang berjumlah 50 orang  melaksanakan kegiatan sosial berupa pembagian sembako. Kegiatan Sosial yang dilaksanakan Polwan Polres Kupang Kota dipimpin senior polwan Ipda Maria Goreti S.Mangu yang diawali dengan penyerahan dan Pelepasan distribusi bantuan dilakukan Ibu Asuh Polwan Polda NTT Ny. Evi Lotharia Latif, S.H yang juga ketua Bhayangkari Polda NTT, Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Wisnu Widarto, S.I.K. selaku Pembina Polwan Polda NTT serta Pakor Polwan Polda NTT AKBP Hellen Patikawa di Mapolda NTT, Kamis (08/07/2021) pukul 10.00 wita.

Kemudian Kegiatan yang dipimpin oleh senior polwan Ipda Maria Goreti S.Mangu ini dengan seluruh polwan polres kupang kota bersama-sama membagikan sembako dengan mendatangi langsung warga yang kurang mampu yang ada diseluruh wilayah kota kupang.

Selain memberikan bantuan sosial berupa  paket sembako , Polwan Polres kupang kota juga memberikan masker. Sekaligus Polwan polres kupang kota  juga menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai penyebaran covid-19 dan patuhi protokol kesehatan.

Kapolres Kupang kota AKBP Satrya Perdana P.T. Binti, S.I.K  mengungkapkan bahwa “bakti sosial ini adalah untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dan terdampak pandemi Covid 19, untuk itu Polwan Polres kupang kota berinisiatif untuk membagikan sembako dan masker.

“Bantuan ini jangan dilihat dari besarannya, tapi ini bentuk kepedulian kami kepada masyarakat yang kurang mampu di seluruh wilayah kota kupang Semoga bantuan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dalam menghadapi situasi sulit karena tidak stabilnya perekonomian akibat dampak dari pandemi Covid-19.” Tambahnya.(az)