Sambut Bulan Suci Ramadhan, Polresta Kupang Kota Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan 2024

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Polresta Kupang Kota Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan 2024

Tribratanewskupangkota.com – Polresta Kupang Kota menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2024, dan Apel Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan, dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan.

 

Apel berlangsung di Lapangan Hitam Mako Polresta Kupang Kota, pada Sabtu (2/3/2024) pagi, dengan menghadirkan peserta apel dari Kodim 1604 Kupang, Denpom TNI AD, TNI AU dan TNI AL, Satuan Lalu Lintas, Satuan Samapta dan Staf Polresta Kupang Kota, Dinas Perhubungan Kota Kupang, siswa Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Saka Bhayangkara, serta komunitas kendaraan bermotor (Harley Davidson, Ojek Online, Jasa ekspedisi atau pengiriman barang), yang ada  di Kota Kupang.

Tampak hadir juga, Pejabat utama di lingkungan Polresta Kupang Kota, Kapolsek jajaran, Penjabat Wali Kota Kupang yang diwakili oleh Kepala Bidang LLAJR Kota Kupang, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kupang, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Kupang, Komandan Denpom TNI AD, TNI AU dan TNI AL, serta perwakilan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kota Kupang.

 

Sebagai pimpinan apel, Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, memasuki lapangan apel dan dilakukan penghormatan pasukan yang dipimpin oleh Kepala Unit Registrasi dan Indetifikasi (Kanit Regident) Satuan Lalu Lintas IPDA Niken Ayu Prabandara, S.Tr.K.

Selanjutnya dilaksanakan pemeriksaan pasukan oleh Kapolresta Kupang Kota bersama undangan pejabat yang hadir, penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan personel, serta ikrar deklarasi keselamatan jalan yang dibacakan oleh perwakilan dari IMI.

Dalam amanat Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A yang dibacakan Kapolresta Kupang Kota, dikatakan bahwa permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini, telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari  meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat   transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dikatakan lagi Kombes Aldinan Manurung, perkembangan transportasi juga telah memasuki era digital, diana operasional Order angkutan publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan Handphone. Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polisi Lalu Lintas (Polantas), sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut. Polantas terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut PRESISI (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan).

 

Lanjut Kapolresta membacakan amanat, salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.

Sambung mantan Kapolres Kupang itu, dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1445 Hijryah, Polri melaksanakan operasi kepolisian di tingkat Polda dan Polres dengan sandi operasi “Keselamatan Turangga 2024” yang dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 4 Maret sampai dengan 17 Maret 2024, secara serentak di seluruh Indonesia. Operasi keselamatan ini merupakan jenis operasi Pemiliharaan Kamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif serta humanis, dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

 

“Sasaran operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata, yang dapat menghambat dan mengganggu Kamseltibcarlantas, antara lain tidak menggunakan helm, kendaraan yang melebihi kapasitas atau Over dimensi Over Load (Odol), pengemudi di bawah umur, berkendara dengan membonceng lebih dari 1 orang, berkendara dibawah pengaruh alkohol, menggunakan Handphone saat berkendara, berkendara melebihi batas kecepatan, dan melawan arus lalu lintas,” ucap Kapolresta Kombes Aldinan Manurung lagi.

Diakhir amanat Kapolda NTT, dikatakan Kapolresta Kupang Kota, harapannya dalam pelaksanaan operasi tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas kecelakaan lalu lintas dan meminimalisir kemacetan lalu lintas, tutup dia.

 

Kasihumas Polresta Kupang Kota IPDA Florensi Ibrahim Lapuisaly  yang diwawancarai media ini menjelaskan, pelaksanaan operasi keselamatan yang dilaksanakan dalam menjaga keselamatan pengendara khususnya di jalan raya, karena keselamatan merupakan hal yang pertama dan utama.

 

“Mulai tanggal 4 Maret sampai dengan 17 Maret 2024, secara serentak di seluruh Indonesia, Kepolisian menggelar operasi keselamatan secara terpusat. Tujuan operasi ini untuk terus tingkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, demi menjaga keselamatan pengendara itu sendiri,”

Lebih lanjut dikatakan IPDA Franky, masyarakat agar lebih peduli akan keselamatan sendiri, dan lengkapi kendaraan bermotor, serta kelengkapan perorangan pengendara.

 

“Setelah habis masa berlaku operasi keselamatan, himbauan dan penegakan hukum oleh polisi akan terus dilakukan, apabila ditemukan pelanggaran secara kasat mata, untuk mengingatkan dan memberikan efek jera, agar selalu patuh, tertib dan disiplin saat berkendara di jalan raya,” tutup Kasihumas. (AN)