Penekanan Kapolri Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Polresta Kupang Kota

Penekanan Kapolri Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Polresta Kupang Kota
Penekanan Kapolri Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Polresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com – Sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun Sarana dan Prasarana (Sarpras), Kepolisian melaksanakan Operasi Mantap Brata 2023-2024, secara serentak di seluruh Indonesia.

Polresta Kupang Kota menggelar apel gelar pasukan, di lapangan hitam Mako Polresta Kupang Kota, Selasa (17/10) pagi, dipimpin oleh Penjabat Wali Kota Kupang Fahrensy Priestley Funay, S.E., M.Si, sebagai pimpinan apel, bersama Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H.

Tampak hadir dalam apel gelar pasukan, Wakapolresta Kupang Kota AKBP Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, pejabat utama Polresta Kupang Kota, Ketua DPRD Kota Kupang, Wakil Ketua DPRD Kota Kupang, Ketua Pengadilan Negeri Kota Kupang,  Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kupang, yang diwakili oleh Kepala Seksi Barang Bukti, Komandan Kodim (Dandim) 1604 Kupang, yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim, Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpom) TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, Komandan Batalyon (Danyon) 743 Kupang, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kupang, Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, dan perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Pemadam Kebakaran Kota Kupang.

Hadir pula para undangan lainnya, yakni Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kupang, dan perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024.

Apel gelar pasukan diawali dengan penghormatan pasukan dan laporan oleh komandan apel, yakni Kepala Seksi Pengawas Polresta Kupang Kota IPDA Dewa Nyoman Gunawan.

Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan, dan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan personel dari Detasemen Polisi Militer (Denpom) TNI AD, Satuan Samapta Polresta Kupang Kota, Kodim 1604 Kupang, dan Satuan Polisi Pamong Praja, oleh Penjabat Wali Kota Kupang, yang didampingi Kapolresta Kupang Kota.

Dalam amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, yang dibacakan Penjabat Wali Kota Kupang, bahwa Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi di Indonesia, sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa.

Lanjutnya, hal ini sebagaimana penyampaian Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bahwa Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar, dan secara serentak.

Oleh sebab itu, guna mengamankan Pemilu 2024, Polri menggelar Operasi yang dilaksanakan selama 222 hari, sejak 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024, dengan didukung oleh TNI, Kementerian/Lembaga, instansi terkait, dan mitra kamtibmas lainnya.

 

Sambung Penjabat Wali Kota Kupang membacakan penekanan Kapolri, yang wajib dipedomani dan dilaksanakan, yakni pertama tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa, dan semoga tugas pengamanan tersebut menjadi lading amal ibadah.

Yang kedua, pastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras dan fasilitas penunjang lainnya, ke tiga, tugas pengamanan agar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, humanis dan professional sesuai SOP, dengan menerapkan Buddy System guna menjamin keselamatan personel.

Ke empat, pimpinan setiap tingkatan harus turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat, ke lima diatur jadwal pengamanan, sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi yang prima.

Berikutnya, kedepankan komunikasi publik dan upaya Cooling System, agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu, dan tidak terpolarisasi.

Yang terakhir, atau ke tujuh, tingkatkan sinergitas dan soliditas antar seluruh personel dan stakeholder lainnya.

Setelah itu, dilanjutkan dengan Show Of Force sarpras pendukung, berupa kendaraan operasional roda empat dari Polresta Kupang Kota, dan Stakeholder serta instansi terkait dengan mengelilingi wilayah Kota Kupang.

Pada kesempatan yang sama juga, dilakukan pemusnahan barang bukti hasil operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) Turangga 2023, yakni minuman keras sejumlah 314,6 Liter, Senjata Tajam (Sajam) 5 buah, dan knalpot Racing sebanyak 297 buah.

Kapolresta Kupang Kota yang diwawancarai tribratanewskupangkota.com dan beberapa awak media lainnya menjelaskan, Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 digelar dalam rangka pengamanan Pemilu Tahun 2024.

“Hari ini secara serentak dilakukan apel gelar pasukan, Operasi Mantap Brata, dalam rangka pengamanan Pemilu Tahun 2024. Polresta Kupang Kota telah siap mengawal pesta demokrasi agar berjalan kondusif, khususnya di Kota Kupang,” ungkap Kombes Krisna.

Mantan Kapolres TTU itu menambahkan, Show Of Force dilaksanakan untuk menunjukkan kepada masyarakat Kota Kupang, bahwa Polresta Kupang Kota siap personel dan sarpras dalam penyelenggaraan Pemilu mendatang.

Selain itu, hari ini juga dilakukan pemusnahan barang bukti hasil Operasi Pekat Turangga 2023, dimana untuk cipta kondisi yang aman dan tertib menjelang Operasi Mantap Brata. “Barang bukti hasil sitaan dalam Operasi Pekat, hari ini kita musnahkan. Diantaranya miras, pisau dan knalpot Racing”, pungkas Kombes Krisna. (AN)