Polsubsektor Pelabuhan Tenau Pengamanan Kedatangan Kapal Pesiar dari Australia

Polsubsektor Pelabuhan Tenau Pengamanan Kedatangan Kapal Pesiar dari Australia

Tribratanewskupangkota.com – Kepolisian Sub Sektor Pelabuhan Laut Tenau Kupang melakukan pengamanan di Dermaga Multi Purpose Pelabuhan Tenau, terkait kedatangan kapal pesiar MV National Geographic Orion berbendera Negara Bahamas, yang datang dari Pelabuhan Darwin, Australia, Rabu (19/6/2024) pagi.

 

Kedatangan kapal pesiar ini, dengan membawa wisatawan asing sebanyak 72 orang dan crew kapal sebanyak 66 orang, dan dilakukan pengamanan yang dipimpin langsung Kepala Polsubsektor Pelabuhan Tenau Ipda Teguh Imam Santoso.

 

Tiba di pelabuhan, para wisatawan diterima oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Kupang Margarita Salean, Plt. Kepala Seksi KBPP KSOP Kelas III Kupang Oni M. Nitbani, Kepala Operasional Pelni Cabang Kupang Dani, perwakilan dari Pelindo Tenau Kupang, Kantor Bea Cukai Kupang, Kantor Imigrasi Kupang, Kantor Kesehatan pelabuhan Tenau, dan stakeholder Pelabuhan Tenau Kupang.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kapolsubsektor Pelabuhan Tenau Ipda Teguh Imam Santoso yang dihubungi media ini mengatakan, kedatangan wisatawan asing menggunakan kapal pesiar ini, dalam rangka wisata ke pasar dan pantai di Kota Kupang.

“Wisatawan asing dengan menggunakan kapal pesiar, dikonfirmasi hendak melakukan wisata ke Pasar Oesapa dan Pantai Lasiana, dengan mendapat pengawalan dari Satuan Lalu Lintas Polresta Kupang Kota,” ungkap Kapolsubsektor.

 

Sebelumnya, tambah Ipda Teguh, setelah kapal bersandar di pelabuhan, personel Polsubsektor Pelabuhan Tenau dan petugas dari kantor Bea Cukai, Imigrasi dan kantor Kesehatan pelabuhan Tenau, naik ke atas kapal untuk memeriksa dokumen dan barang bawaan para wisatawan asing itu.

 

Selanjutnya setelah turun dari kapal, para wisatawan disambut dengan tarian Pado'a dari Kabupaten Sabu Raijuan, dan pengalungan kain tenun oleh petugas dari Dinas Pariwisata Kota Kupang kepada para wisatawan asing. Kemudian wisatawan menuju kendaraan yang telah disiapkan, dan menuju Pasar oesapa dan Pantai Lasiana, dengan pengawalan dari Perwira Unit Patwal Satlantas Polresta Kupang Kota Ipda Edy Halek.

 

“Setelah melaksanakan wisata di Oesapa dan Lasiana, direncanakan pada siang ini (Pukul 12.00 WITA), para wisatawan akan melanjutkan pelayaran menuju Pelabuhan di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur,” tandas Ipda Teguh. (AN)