Polresta Kupang Kota Raih Juara 1, Lomba 3 Pilar Kamtibmas

Polresta Kupang Kota Raih Juara 1, Lomba 3 Pilar Kamtibmas

Tribratanewskupangkota.com - Polresta Kupang Kota Polda NTT berhasil meraih juara 1 lomba 3 pilar kamtibmas Polda Zona C (Timur), dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024. 

 

Dalam acara yang dihadiri Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si bersama Ketua Umum Bhayangkari Ny. Juliati Sigit Prabowo, malam apresiasi kreasi "Setapak Perubahan Polri" berlangsung di Gedung The Tribrata, Jakarta Selatan, Jumat (23/8/2024) malam kemarin. 

Hadir juga Ketua Harian Kompolnas RI Dr. Benny Yoshua Mamoto, S.H., M.Si, Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Richard Tampubolon, S.H., M.M, Irwasum Polri Komjen Pol. Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si, pejabat utama Mabes Polri, pejabat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, pejabat Kementerian Investasi/BKPM RI, para dewan juri, dan juga para pemenang lomba. 

 

Dengan tema "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2024", terdapat 23 perlombaan dan pertandingan yang diadakan, dengan 3 jenis lomba yakni pertandingan olahraga, perlombaan fungsi kepolisian dan lomba kreasi. 

 

Perlombaan tersebut tidak hanya diikuti oleh anggota Polri, namun juga TNI dan masyarakat umum. 

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang dihubungi tribratanewskupangkota.com mengatakan, perlombaan 3 pilar kamtibmas yang berhasil dimenangkan oleh Polresta Kupang Kota Polda NTT ini, merupakan hasil kerja keras dan kerja nyata dari anggota 3 pilar kamtibmas itu sendiri, yang didukung oleh masyarakat. 

"Kami berhasil meraih juara 1, lomba 3 pilar kamtibmas dari Polda Zona C (Timur), karena kerja nyata dari Lurah Naikolan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Naikolan, dimana mereka hadir dalam setiap persoalan warganya, sehingga masyarakat merasakan kehadiran negara disitu, yang tentunya memberikan solusi penyelesaian atas persoalan warga binaannya," ungkap Kapolresta. 

 

Dikatakannya lagi, dalam lomba 3 pilar kamtibmas, kami berhasil menyisihkan Polda Zona C lainnya, yakni Polda Maluku Utara, Papua Barat, Papua dan Maluku. 

 

"Kemenangan ini, membuat kami terus semangat dalam menjalankan tugas dan dapat memotivasi rekan-rekan polres lainnya di Polda NTT, untuk terus berlomba dalam melayani masyarakat yang lebih baik lagi," ucap Kombes Aldinan. 

 

Lomba konten kreatif yang dimotori oleh Divisi Humas Polri ini, diikuti oleh 2.218 peserta yang terdiri dari unsur TNI, Polri, masyarakat, anak-anak bahkan wartawan. Sebanyak 10 kegiatan lomba diantaranya infografis, film pendek, video edukasi, TikTok, karikatur, cipta lagi, fotografi, mendongeng, jurnalistik dan menulis cerpen. 

 

Untuk diketahui, posko 3 pilar kamtibmas Polresta Kupang Kota, terletak di Jalan Sonbai No. 41A, Rt.01/Rw.01, Kelurahan Naikolan, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, yang mana juga posko ini sebelumnya awalnya adalah rumah Bhabinkamtibmas dan dimodifikasi menjadi posko 3 pilar.  

Pada posko ini, setiap permasalahan yang dilaporkan warga Kelurahan Naikolan, diselesaikan ditempat ini, dengan dihadiri oleh 3 pilar (Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas) yang terus bekerjasama menjaga kamtibmas yang kondusif. (AN)