Penilaian Tiga Pilar Kamtibmas, Korbinmas Baharkam Polri Kunjungi Posko di Kelurahan Naikolan

Penilaian Tiga Pilar Kamtibmas, Korbinmas Baharkam Polri Kunjungi Posko di Kelurahan Naikolan
Penilaian Tiga Pilar Kamtibmas, Korbinmas Baharkam Polri Kunjungi Posko di Kelurahan Naikolan
Penilaian Tiga Pilar Kamtibmas, Korbinmas Baharkam Polri Kunjungi Posko di Kelurahan Naikolan

Tribratanewskupangkota.com - Tim dari Korps Pembinaan Masyarakat Badan Pemelihara Keamanan (Korbinmas Baharkam) Polri melakukan kunjungan kerja ke Posko Tiga Pilar Kamtibmas, yang terletak di Jalan Sonbai, Kelurahan Naikolan, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Selasa (23/7/2024) pagi. 

Tim dari Mabes Polri tersebut, dipimpin oleh Kombes Pol. Oki Waskito, S.H., S.I.K., M.Si yang juga sebagai Kasubdit Binpolmas Dit Bintibmas Korbinmas Baharkam Polri, dengan didampingi oleh Kombes Pol. Muchamad Budi Hendrawan, S.I.K., M.H yang juga sebagai Kasubdit Bintibsos Dit Bintibmas Korbinmas Baharkam Polri dan Kombes Pol. Hastho Rahardjo, S.I.K., S.H., Μ.Η sebagai Kasubdit Binanev/Polsus Dit Binpotmas Korbinmas Baharkam Polri. 

 

Kunker ini terkait penilaian terhadap posko tiga pilar, yang diperlombakan oleh Mabes Polri, dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024. 

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si bersama Kasat Binmas Akp Very Polin, S.H, Kapolsek Maulafa Nuriyani Trisani Ballu, SH., M.H, Camat Maulafa Matheus Abh Da Costa, S.Sos., M.Si dan Lurah Naikolan Nur Melkisedek Tasrap, S.Sos, menyambut langsung kedatangan tim dengan pengalungan selendang dan tarian penyambutan. 

Tampak hadir pula, Ketua LPM, Ketua Rt/Rw dan Ketua Pemuda Kelurahan Naikolan serta Ketua Yayasan Yamakindo. 

 

Lurah Naikolan dengan didampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa Naikolan (Selaku 3 Pilar Kamtibmas Kelurahan Naikolan), memaparkan terkait kondisi geografis di wilayah kelurahan naikolan, kemudian pada bidang sosial, budaya dan ekonomi, serta program-program yang telah dilaksanakan. 

 

"Posko yang ada ini, telah banyak dimanfaatkan/digunakan untuk penyelesaian berbagai permasalahan atau problem solving yang terjadi pada warga naikolan," ungkap Lurah. 

 

Selain itu, kami juga bersama stakeholder lain dan warga, bergotong royong melakukan kegiatan sosial, seperti pembersihan lingkungan, mengajak warga untuk menjaga kamtibams dengan pembangunan pos-pos satkamling. 

Lebih lanjut disebut Lurah Nur Tasrap, di posko tiga pilar juga disediakan ruang/taman baca, guna mengajak anak-anak untuk mencari literasi ilmu pengetahuan dengan banyak membaca dari buku. 

 

"Kami sediakan taman bacaan, untuk menarik minat anak sebagai generasi muda, agar gemar dalam membaca, untuk mendapatkan ilmu pengetahuan demi masa depan mereka, dan tentunya bagi pembangunan manusia Indonesia," sebut Lurah lagi. 

Kombes Oki dalam sambutannya, mengatakan bahwa penilaian dalam perlombaan tiga pilar ini dilakukan secara nasional, namun dengan pembagian sesuai zona, yakni zona Indonesia Barat, Indonesia Tengah dan Indonesia Timur. 

 

"Polda NTT (Polresta Kupang Kota) bersama Polda Maluku Utara (Polres Ternate) berlomba dalam penilaian pada zona Indonesia Timur. Dan hari ini, kami hadir untuk melihat langsung penilaian yang telah dilakukan sebelumnya," beber Kasubdit Binpolmas Dit Bintibmas Korbinmas Baharkam Polri. 

 

Polri yang mendukung pembangunan nasional, menjamin kamtibmas yang selalu kondusif, sehingga salah satunya dengan melakukan perlombaan untuk lebih meningkatkan sinergitas Polri dengan masyarakat dan stakeholder lainnya. 

"Dalam rangka mendukung pembangunan nasional, Polri bersinergi bersama Lurah dan TNI, menjaga kamtibmas yang kondusif, agar roda pembangunan atau perekonomian hingga ke tingkat daerah dapat berjalan aman dan lancar," ujarnya. 

 

Lebih jauh dikatakan, ini sebagai stimulan, agar ke depan ada juga posko-posko tiga pilar lainnya, yang harapannya keamanan bisa terjaga dengan baik, sehingga pembangunan bisa berjalan dengan baik, tandas Kombes Oki. 

Selanjutnya, tim penilaian melakukan peninjauan ke setiap ruangan dari posko tiga pilar dan nelakukan tanya jawab dengan Lurah, Bhabinkamtibams dan Babinsa. 

 

Diakhir peninjauan, Kombes Hastho berpesan kepada 3 pilar kamtibmas naikolan, untuk mencermati setiap kegiatan dengan baik melalui pembuatan rencana kegiatan, dan yang menjadi kekurangan untuk diperbaiki demi pelayanan yang lebih baik lagi. 

 

"Sambangi tempat-tempat yang menjadi potensi terjadinya gangguan kamtibmas, agar secara dini dapat dicegah. Dan gunakan fasilitas ini dengan baik, untuk melayani masyarakat karena kehadiran 3 pilar sangat membantu Wali Kota Kupang, Kapolresta Kupang Kota dan Dandim Kupang dakam menjalankan tugas di tingkat kelurahan," pesan dia. (AN)