Pembentukan Unit Baru di Polsek Maulafa, Kapolsek Akp Nuri Sosialisasi Kepada Masyarakat

Pembentukan Unit Baru di Polsek Maulafa, Kapolsek Akp Nuri Sosialisasi Kepada Masyarakat

Tribratanewskupangkota.com - Melalui surat keputusan Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, Polsek di jajaran Polresta Kupang Kota kini telah dibentuk Unit Lalu Lintas, guna membantu Satuan Lalu Lintas Polresta Kupang Kota, dalam menjaga Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah hukum polsek masing-masing.

Kapolresta Kupang Kota yang dihubungi mengatakan, setelah adanya peningkatan tipe dari Polres Kupang Kota menjadi Polres Kota (Polresta) Kupang Kota, setiap Polsek juga memiliki unit lantas, yang dipimpin seorang Kepala Unit (Kanit), dengan dibantu Perwira Unit (Panit) dan 2 orang anggota.

 

"Setelah peningkatan tipe menjadi Polresta Kupang Kota, kini di setiap polsek kita bentuk unit lantas  untuk membantu satlantas, untuk menjaga Kamseltibcarlantas, lalu memberikan sosialisasi peraturan di bidang lalu lintas, sehingga masyarakat hingga di tingkat kecamatan menjadi patuh dan tertib, serta tentunya keselamatan masyarakat khususnya pengendara kendaraan bermotor dapat terwujud," jelas Kombes Aldinan Manurung, Jumat (14/6/2024).

 

Hal itu, karena perkembangan kehidupan masyarakat dan pertumbuhan kendaraan bermotor yang terus meningkat, sehingga perlunya dilakukan sosialisasi dan himbauan secara terus menerus, hingga penegakan hukum, guna membuat efek jera dan keselamatan pengendara yang merupakan sesuatu yang pertama dan utama dapat terlaksana.

 

"Penegakan hukum merupakan tindakan terakhir yang diberikan, apabila sosialisasi dan himbauan yang terus dilakukan tidak dijalankan dengan baik, yang semata-mata demi kepentingan masyarakat itu sendiri," tandas mantan Kapolres Kupang ini.

Pada tempat terpisah, terpantau media ini, Kapolsek Maulafa Akp Nuriyani Trisani Ballu, S.H., M.H melakukan sosialisasi kepada pengendara kendaraan bermotor di depan Polsek Maulafa, Jalan Fetor Funay, Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, pada Jumat (14/6/2024) setelah apel pagi, terkait telah dibentuknya unit lantas, sehingga masyarakat dapat membantu kepolisian mewujudkan Kamseltibcarlantas di Kota Kupang.

 

"Setelah apel pagi, kami berikan sosialisasi kepada masyarakat, pentingnya keselamatan warga sebagai pengendara di jalan raya, sehingga dapat meminimalisir tingkat kecelakaan di Kota Kupang, khususnya di Kecamatan Maulafa," beber Kapolsek polwan ini.

 

Selain itu, dengan adanya unit lantas, dapat membantu Satlantas Polresta Kupang Kota, dalam bidang lalu lintas, khususnya di Kecamatan Maulafa.

"Tidak usah takut, pembentukan unit lantas hingga tingkat polsek untuk lebih mendekatkan pelayanan polisi lalu lintas kepada masyarakat, khususnya pengendara, agar masyarakat secara sadar, patuh dan tertib saat berkendara di jalan. Lengkapi surat kendaraan maupun pengendara, dan kelengkapan sepeda motor sesuai standar pabrikan," ucap Kapolsek Akp Nuri kepada seorang pengendara wanita saat melintas di depan Mapolsek Maulafa. (AN)