Pawai Malam Takbiran, Personel Pam Jaga di Sepanjang Rute Yang Dilintasi.

Pawai Malam Takbiran, Personel Pam Jaga di Sepanjang Rute Yang Dilintasi.

Tribratanewskupangkota.com - Ada yang berbeda dari pelaksanaan malam takbiran yang dilakukan oleh warga Kota Kupang, karena selain melakukan pawai kemenangan Idul Fitri 1444 H keliling Kota Kupang menggunakan kendaraan bermotor, juga dilakukan dengan menggunakan perahu menyusuri laut di Teluk Kupang, Jumat (21-4-2023). 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H yang ditemui disela-sela kegiatan mengatakan, pawai takbiran kemenangan dalam menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1444 H di Kota Kupang, selain dengan melakukan pawai kendaraan bermotor dengan rute Start dan Finish di Jalan El Tari depan Gereja Anugerah kemudian menyusuri Jalan Soeharto-Jalan Sudirman-Jalan Moh. Hatta-Jalan Urip Sumohardjo-Jalan Timor Raya-Jalan Pulau Indah-Jalan Frans Seda, juga dilakukan pawai takbiran laut yang dilaksanakan oleh Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama-NTT dengan rute dari Dermaga Pelabuhan Rakyat Kelurahan Nunbaun Sabu dan Finish di Pantai Kelapa Lima. "Baik pawai takbiran keliling menggunakan kendaraan bermotor maupun takbiran laut gunakan perahu, kami tempatkan personel pengamanan di sepanjang jalur yang dilintasi oleh peserta agar pelaksanaan pawai baik melalui jalur darat dan laut tersebut dapat berjalan dengan aman", ujar Kombes Krisna. 

Sebelum pelepasan peserta pawai kendaraan keliling di depan Gereja Anugerah Jalan El Tari, seluruh peserta diberikan himbauan agar tetap taat dan tertib dalam mengikuti pawai takbir, dan apabila melanggar maka akan dilakukan penindakan", tegas Kapolresta Kupang Kota. 

Diketahui bahwa peserta pawai takbir laut juga diikuti oleh Penjabat Wali Kota Kupang, Ketua PWNU Provinsi NTT dan Ketua DPRD Kota Kupang. Setelah peserta pawai takbir laut tiba di Pantai Kelapa Lima, disambut oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto yang didampingi Wakapolresta Kupang Kota Akbp Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si dan langsung menerima bendera Serikat Nahdlatul Ulama yang dibawa oleh peserta pawai takbir laut. 

Dalam sambutan singkatnya, Wakapolda NTT menyampaikan puji dan syukur karena di malam yang indah dan cuaca yang baik ini, kita bisa mengikuti acara takbiran sebagai wujud syukur akan kemenangan karena kurang lebih selama 30 hari kita sudah laksanakan apa yang menjadi kewajiban kita untuk menjalankan ibadah puasa. 

"Pawai takbiran ini juga adalah akhir dari bulan ramadahan karena besok (22-4-2023) akan merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H. Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023, Minal Aidin Wal Faizin, semoga kita menjadi orang-orang yang kembali ke fitrah sebagai manusia ciptaan Allah dan meraih kemenangan", pungkas jenderal bintang satu tersebut.