Patroli Samapta Polresta, Jamin Kamtibmas yang Kondusif di Kota Kupang

Patroli Samapta Polresta, Jamin Kamtibmas yang Kondusif di Kota Kupang

Tribratanewskupangkota.com - Patroli Satuan Samapta Polresta Kupang Kota, guna melakukan tindakan pencegahan atau preventif terhadap potensi gangguan di tengah masyarakat Kota Kupang, yang dapat menjadi gangguan nyata.

 

"Patroli merupakan fungsi pencegahan terhadap potensi-potenai gangguan di tengah maupun kegiatan-kegiatan masyarakat yang bisa menjadi gangguan nyata," ungkap Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, Kamis (22/8/2024).

Kota Kupang sebagai Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terus berkembang, mengalami dinamika sosial masyarakat dan juga kamtibmas.

 

"Gangguan kamtibmas saat ini, seperti balapan liar, pengendara yang konsumsi miras serta ugal-ugalan di jalan, menjadi sasaran atau target untuk dapat diantisipasi oleh kami," beber Kombes Aldinan Manurung.

 

Beberapa gangguan tersebut, telah kami lakukan tindakan pencegahan, dengan melakukan patroli menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua oleh Satuan Samapta, Satuan Lalu Lintas, dan juga Polsek jajaran Polresta Kupang Kota.

 

"Patroli juga dilakukan secara dialogis, dengan mendatangi dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat, agar dapat menjaga kamtibmas, dan aktif ikut dalam menjaga lingkungannya," kata Kapolresta.

 

Pelaksanaan patroli, dengan mendatangi tempat-tempat keramaian masyarakat dan rawan kamtibmas, seperti Jalan Soeharto Oepura, Jalan El Tari, Jalan Cak Doko Oetete, Jalan Urip Sumohardjo dan Jalan W.J Lalamentik.

 

Selain itu, juga diantisipasi balapan liar di Jalan R.W Monginsidi depan Novanto Center, Bundaran Tirosa, hingga Jalan Piet A. Tallo Kelurahan Oesapa Selatan.

 

Selama pelaksanaan patroli, dikatakan lagi Kapolresta, tidak ditemukan adanya gangguan kamtibmas yang berarti, namun pelaksanaan patroli akan terus dilakukan secara rutin.

 

"Masyarakat agar selalu waspada dan melapor kepada polisi jika melihat atau mengalami gangguan kamtibmas, dan bekerja sama dengan polisi untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif," pesan orang nomor satu di Polresta Kupang Kota itu. (AN)