Patroli Lampu Biru Satlantas dan Satsamapta Polresta Kupang Kota, Jaga Ketertiban Jelang Pilkada Serentak 2024

Patroli Lampu Biru Satlantas dan Satsamapta Polresta Kupang Kota, Jaga Ketertiban Jelang Pilkada Serentak 2024

Tribratanewskupangkota.com - Polresta Kupang Kota melalui Satuan Lalu Lintas dan Satuan Samapta melaksanakan kegiatan Blue Patrol atau Patroli Lampu Biru di berbagai titik strategis Kota Kupang, yakni di Jalan Cak Doko (Depan SMA Negeri 1 Kota Kupang), Jalan Urip Sumohardjo, W.J. Lalamentik, R.W. Monginsidi (Depan kantor Novanto Center), Jalan Frans Seda, Piet A. Tallo (Depan kantor PDIP NTT), Jalan Soeharto, dan Jalan Jenderal Sudirman Kuanino.

 

Selain untuk menciptakan Kamseltibcarlantas, patroli ini juga ditujukan untuk menjaga Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), terutama dalam tahapan Pilkada Serentak 2024 yang sedang berlangsung.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si menjelaskan, bahwa patroli ini bertujuan untuk menciptakan kondisi yang aman dan tertib, baik di jalan raya maupun di lingkungan masyarakat, terutama dalam rangkaian tahapan Pilkada Serentak 2024.

 

"Kegiatan ini merupakan bentuk kesiapsiagaan kita dalam menjaga stabilitas di wilayah Kota Kupang, khususnya dalam masa krusial seperti Pilkada saat ini. Patroli ini tidak hanya fokus pada ketertiban lalulintas, tetapi juga untuk memastikan situasi kamtibmas tetap terkendali," tegasnya, Sabtu (19/10/2024).

Kasatlantas Polresta Kupang Kota Akp Sudirman, S.Sos menambahkan, bahwa dalam kegiatan ini, personel Satlantas dan Satsamapta turut berkolaborasi untuk melakukan patroli gabungan.

 

"Selain mengantisipasi balap liar, ugal-ugalan, dan knalpot brong, kami juga memperkuat pengamanan di area publik yang rentan terhadap gangguan selama tahapan Pilkada. Kami terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga ketertiban, khususnya saat kampanye saat ini," ujar Akp Sudirman.

Hasil patroli menunjukkan bahwa situasi lalulintas dan keamanan di wilayah hukum Polresta Kupang Kota semakin terkendali. Selain berhasil meminimalisir aksi balap liar dan pelanggaran kasat mata, seperti tidak memakai helm atau tidak menyalakan lampu utama, masyarakat juga semakin sadar akan pentingnya menjaga keamanan. (LW)