Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Tahunan, Polresta Kupang Kota Apel Gelar Pasukan Bersama Instansi Terkait

Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Tahunan, Polresta Kupang Kota Apel Gelar Pasukan Bersama Instansi Terkait

Tribratanewskupangkota.com – Polresta Kupang Kota melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Siaga Bencana Tahun 2024, bertempat di lapangan hitam Mako Polresta Kupang Kota, Kamis (4/1/2024) pagi.

Apel dipimpin oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, dimulai dengan penghormatan pasukan yang dipimpin oleh Komandan Upacara IPDA I Nyoman Pasek kepada pimpinan apel, selanjutnya dilakukan pemeriksaan pasukan.

Hadir sebagai peserta apel gelar pasukan, yaitu personel dari Polresta Kupang Kota, Denpom IX/1 kupang, Satpom AU Lanud El Tari, POMAL Lantamal VII, Kodim 1604 kupang, Dinas Perhubungan Kota Kupang, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Kupang, serta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika El Tari Kupang.

 

Dalam amanatnya dikatakan Kapolresta, bahwa Kota Kupang mulai masuk musim hujan, sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan personel TNI dan Polri serta intansi terkait lainnya.

 

“Saat ini Kota Kupang telah masuki musim penghujan yang berpotensi terjadinya bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung/angin kencang, sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan personel, baik itu Polri, TNI, Badan Penanggulangan Bencana, Badan Meteorologi dan Klimatologi, dan instansi terkait lainnya,” ujar Kapolresta.

 

Berbagai bencana tersebut diatas, tentunya membawa dampak yang merugikan bagi masyarakat Kota Kupang. Kondisi itu dapat juga berimplikasi terhadap munculnya berbagai kejahatan konvensional yang cenderung meningkat secara kuantitas dan kualitas maupun kejahatan lainnya, katanya lagi.

 

Dilanjutkannya, dari fakta itu, diharapkan menjadi bahan introspeksi untuk lebih memaksimalkan berbagai upaya proaktif guna memberikan jaminan rasa aman.

 

Dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana di wilayah Kota Kupang, Polresta Kupang Kota didukung TNI, instansi terkait dan mitra kamtibmas, menyelenggarakan Satgas siaga bencana dengan mengendepankan tindakan Preemtif dan Preventif yang didukung deteksi dini serta penegakan hukum secara professional dan proporsional.

 

Melanjutkan amanatnya, Kombes Aldinan Manurung menyampaikan target yang telah ditetapkan, yakni pertama, terwujudnya situasi kamtibmas dan kamtibcarlantas bagi masyarakat, kedua, terciptanya koordinasi dan sinergi yang baik dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat dalam menghadapi situasi darurat.

 

Poin ketiga atau yang terakhir, terwujudnya system pendataan terhadap semua kegiatan dan kejadian selama penanggulangan bencana secara cepat dan tepat, sehingga dapat dijadikan acuan untuk mengetahui capaian yang telah diraih, berikut permasalahan yang harus segera diselesaikan.

 

Dikatakannya lagi, terdapat beberapa penekanan terhadap personel dalam rangka siaga bencana, yakni siapkan fisik dan mental dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi, tunjukkan sikap dan tindakan yang humanis serta simpatik kepada masyarakat sehingga semakin meneguhkan jati diri kita sebagai sosok penolong, pelayan serta sahabat masyarakat.

 

Selanjutnya, bangun kerjasama yang baik antar instansi terkait serta menghilangkan sikap ego sektoral, membentuk posko, petugas/operator dan Call Center, agar apabila masyarakat membutuhkan informasi bisa Update, Optimalkan peran intelijen dan Bhabinkamtibmas/Babinsa sebagai garda terdepan yang dapat mengetahui setiap potensi bencana yang dapat terjadi serta dinamika yang berkembang, Tingkatkan kesiapsiagaan dan ketanggap segeraan serta percepatan Sharing informasi.

 

Dalam penekanan yang terakhir, mantan Wakil Direktur Narkoba Polda NTT itu berpesan, hindari penyimpangan dan pelanggaran sekecil apapun yang dapat merusak citra dan nama baik institusi, serta hindari tindakan yang dapat menimbulkan kebencian kebencian dan berdampak pada menurunnya kepercayaan publik, tutupnya.

Tampak hadir dalam apel gelar pasukan, diantaranya Pejabat utama Polresta Kupang Kota, para Kapolsek jajaran, Komandan Pomal Lantamal VII Kupang, Kepala Meteorologi El Tari, Perwakilan Komandan Satpom AU Lanud El Tari Kupang, Perwakilan Penjabat Wali Kota Kupang, Perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kupang, Perwakilan Ketua Pengadilan Negeri Kota Kupang, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Perwakilan Kepala BPBD Kota Kupang. (AN)