Kapolsek Gelar Safari Kamtibmas dan Rakor Persiapan Pelaksanaan Pemilu di Kelurahan Penkase Oeleta

Kapolsek Gelar Safari Kamtibmas dan Rakor Persiapan Pelaksanaan Pemilu di Kelurahan Penkase Oeleta

Tribratanewskupangkota.com - Dalam rangka menciptakan pemilu yang aman dan kondusif, Kapolsek Alak mengelar kegiatan Safari Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan  pelaksanaan Pemilu 2024, (Selasa, 23/01/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Polsek Alak dalam rangka meningkatkan keamanan di wilayah Kecamatan Alak dan meminimalisir terjadinya gangguan Kamtibmas sehingga masyarakat merasa lebih aman.

Rapat tersebut dipimpin oleh Kapolsek Alak Kompol Edy, S.H., M.H., yang bertempat di Aula Kantor Kelurahan Penkase Oeleta, juga di hadiri oleh Camat Alak Yulianus Wilem Pally, S.H., Lurah penkase, PPK kecamatan Alak, KPPS kelurahan Penkase,  Polisi RW, Ketua Lpm, Ketua RT dan RW, Linmas, Babinsa Penkase Oeleta dan Bhabin Kamtibmas Kelurahan Penkase Oeleta dan  sekitar 50 orang hadir pada kegiatan tersebut.

Pada pertemuan ini, Camat Alak melanjutkan apa yang sudah di bahas pada tanggal 19 Januari 2024 lalu.

“Dalam menghadapi pemberlakuan jam malam, dihimbau bagi lurah dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabin Kamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa), agar lebih giat mengingatkan ketua RT/RW bahwa warga yang akan menyelenggarakan kegiatan pesta, wajib memiliki Surat Ijin Keramaian dari Kepolisian dan membuat Surat Ijin Keramaian,” ujarnya.

Kemudian, terkait keramaian Pemilu 2024, Camat Alak menghimbau para lurah akan  perannya dalam mengingatkan warganya terkait hajatan pemilu yang akan berlangsung. Hajatan pemilu sebagai tanggung jawab bersama, dalam menjaga lingkungan demi keamanan bersama.

Lalu, ditekankan kepada RT/RW agar menanyakan terkait dengan warga yang belum memperoleh KTP elektronik dan belum masuk dalam  DPT untuk segera dicarikan solusi dan melakukan perekaman KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (dispenduk).

Sementara itu, Kapolsek Alak menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir potensi gangguan di wilayahnya dan menurunkan angka tindakan melanggar hukum.

“Dalam kegiatan ini maksud dan tujuan kami adalah untuk memaparkan terkait dengan situasi Kamtibmas di wilayah kita dengan harapan agar kita dapat memahami karakter dari masyarakat kita dan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh warga sehingga kita sebagai Pemerintah dan Pihak Keamanan dapat meminimalisir ataupun mengurangi potensi-potensi gangguan di wilayah kita dengan satu tujuan yaitu untuk mengurangi angka terjadinya tindakan yang melanggar hukum”, Ungkap Kapolsek Alak.

Kapolsek Alak juga memaparkan data kasus yang ditangani Polsek Alak selama Tahun 2023, menekankan pada kebutuhan kerja sama dalam menyikapi permasalahan masyarakat. 

"Data ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk pencegahan lebih awal apabila di wilayah kita terindikasi akan menimbulkan gangguan Kamtibmas," ungkap Kapolsek Alak. 

Selain itu, Kapolsek Alak juga menyampaikan perkiraan keamanan dan kerawanan terkait Pemilu 2024, termasuk keterbatasan pemilih dengan KTP Elektrik dan rekrutmen anggota Linmas. 

”Terkait dengan tahapan pemilu yang saat ini sedang berjalan saya harapkan kerja sama kita semua baik itu Pemerintahan maupun Pihak Keamanan untuk sama-sama menyukseskan Pemilu Serentak ini sehingga akan berjalan aman sampai pada saat pelantikan, juga terkait dengan KTP Elektrik dan rektutmen anggota Linmas di wilayah kecamatn Alak, sehingga pentingnya sosialisasi agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pemilih dan petugas pemilu”, pungkas Kapolsek Alak.

Dalam kata penutup Kapolsek Alak mengajak semua yang hadir, terkait dengan persiapan kampanye terbuka agar sama-sama bekerja untuk menyukseskan Pemilu 2024. (V).