Kapolresta Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektor Jelang Pilkada 2024

Kapolresta Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektor Jelang Pilkada 2024

Tribratanewskupangkota.com – Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol Aldinan R.J.H. Manurung S.H., S.I.K., M.Si, selasa (10/7/2024) pimpin rapat Koordinasi Lintas Sektor di Aula Bijaksana Polresta Kupang Kota.

 

Rapat Koordinasi Lintas Sektor dengan Tema “Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 Polresta Kupang Kota” ini dimaksudkan untuk melihat lebih dekat perencanaan dan kesiapan pengamanan jelang Pemilihan Kepala Daerah secara serentak tahun 2024 mendatang. 

Dalam pembukaannya Kapolresta mengatakan “selamat datang dan terima kasih telah memenuhi undangan kami, selamat berkumpul dalam rangka Rapat Koordinasi ini, dan rapat ini untuk mengetahui persiapan dalam menghadapi tahapan demi tahapan menjelang Pilkada serentak tahun 2024”.

 

”Dengan kegiatan Rakor ini juga diharapkan kita saling bergandengan tangan dan saling mendukung jalannya kegiatan persiapan menghadapi pilkada kedepan sehingga segala bentuk gejolak pilkada dapat ditangani bersama sama dan kolaborasi serta koordinasi menjadi kunci keberhasilan kita semua “ Lanjut Kombes Aldinan.

 

“Kedepan juga kita akan tentukan waktu untuk bersama- sama melakukan konvoi dalam bentuk patroli untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa kita sudah siap dalam menghdapi jalannya pilkada serentak tahun 2024 dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta menunjukan kepada masyarakat bahwa kita jauh dari politik praktis dalam hal ini Kita sebagai POLRI, TNI dan ASN akan Netral pada saat Pilkada nanti” Pungkas mantan Kapolres Kupang.

Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polresta Kupang Kota Kompol Oktovianus Wadu Ere, S.H saat pemaparan mengatakan “Polresta Kupang kota telah siap menghadapi tahapan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 dengan mempersiapkan personil, piranti lunak dalam menyukseskan Pilkada tahun 2024 ini, dan segalanya telah terencana dengan baik mulai dari tahap pendaftaran sampai kepada pelantikan nanti”. 

Komisioner KPU kota kupang yang diwakili oleh Koordinator Devisi Hukum dan Pengawasan Julianus J. P. Nomleni pada kesempatan itu mengatakan ”KPU sampai dengan saat ini sudah memulai kegiatan dengan melakukan Pencocokan Dan Penelitian (Coklit) data pemilih yang dilakukan oleh Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) dan sudah mencapai 46 % dengan cara mendatangi rumah ke rumah dan gudang yang kami pakai masih menggunakan gudang pada saat Pemilu beberapa waktu yang lalu”.

 

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat & Humas Bawaslu Kota Kupang Muhammad Fathuda., S.Kom pada kesempatan itu mengatakan “pengalaman pada Pemilu beberapa waktu yang lalu, pada saat perhitungan suara, masih terdapat warga yang mabuk mabukkan di sekitar TPS dan mengganggu jalannya perhitungan, kami minta pihak Kepolisian untuk menjadi atensi sehingga bisa meminimalisir terjadinya tindak pidana di TPS.

Hadir dalam kegiatan Rakor yakni Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H.,S.I.K.,M.Si, Kasat Pol-PP Kota Kupang Rudi Abubakar S.Sos.,M.Si, Kejari Kota Kupang Hotma Tambunan.,SH.,M.Hum, Dandim 1604 Kupang yang diwakili oleh Pa.Sandi Intel Letda Inf. Marselus Tobu, Denpom Kupang IX /I Kupang yang diwakili oleh Mayor CPM Ketut Some Dana, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan Julianus J. P. Nomleni, Koordinator Divisi Hukum, pencegahan, partisipasi Masyarakat & Humas Bawaslu Kota Kupang Muhammad Fathuda., S.Kom, Para Pejabat Utama Polresta Kupang, Kapolsek Jajaran serta para perwira.