Kapolresta Pimpin Pengamanan Evakuasi Korban Kebakaran Kapal Chantika Ekspress 77

Kapolresta Pimpin Pengamanan Evakuasi Korban Kebakaran Kapal Chantika Ekspress 77

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H memimpin pelaksanaan pengamanan evakuasi terhadap korban kecelakaan laut Kapal Motor Penumpang (KMP) Chantika Ekspress 77 di Pelabuhan Laut Tenau Kupang oleh personil Pos Sub Sektor Pelabuhan Laut Tenau Kupang.

Untuk diketahui bahwa pada hari Senin tanggal 24 Oktober 2022 Pukul 13.00 Wita di sekitar perairan Laut Naikliu Kabupaten Kupang telah terjadi kecelakaan laut (Kebakaran Kapal) KMP. Chantika Ekspress 77 yang di Nahkodai oleh Kapten Edwin Pareda  dengan membawa ratusan penumpang, anak buah kapal (ABK) 10 Orang serta 1 (satu) Jenazah anak kecil dengan tujuan kapal dari Kupang ke Kalabahi (Kabupaten Alor).

Pada posisi sekitar perairan Laut Naikliu Kabupaten Kupang kapal tersebut mengalami kebakaran dengan sumber api berasal dari mesin bagian belakang. Kapten Edwin Pareda lalu melaporkan kejadian tersebut kepada Basarnas Kupang dengan tujuan untuk mendapatkan pertolongan evakuasi bagi para penumpang.

 

Pelaksananan proses evakuasi penumpang KMP Cantika 77 melibatkan Personel Polresta Kupang Kota, Sat Brimobda Polda NTT, Dit Pol Air Polda NTT, Personel Angkatan Laut, Basarnas, Tenaga medis dan Puluhan Ambulan. Para korban yang selamat langsung dilarikan ke RSUD Prof Dr. W.Z. Yohanez  kupang untuk mendapatkan pertolongan medis, sementara untuk korban meninggal dunia diabawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang untuk diidentifikasi.