Kapolresta Kombes Aldinan Manurung Berikan Pembekalan Kepada Paskibraka Kota Kupang

Kapolresta Kombes Aldinan Manurung Berikan Pembekalan Kepada Paskibraka Kota Kupang

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si memberikan pembekalan kepada Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Kupang Tahun 2024, yang berlangsung di Aula Hotel Sasando, Kota Kupang, Provinsi NTT, Jumat (9/8/2024) malam kemarin. 

 

Pembekalan kepada 36 (tiga puluh enam) calon Paskibraka ini, langsung oleh orang nomor satu di Polresta Kupang Kota, terkait pentingnya penerapan nilai-nilai dasar pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Lahirnya pancasila dari pendiri negara Indonesia, dan merupakan hal yang didapat tidak dengan instan, namun dengan proses yang tidak mudah," jelas Kapolresta. 

 

Bahwa pancasila, sambungnya, merupakan fundamental dasar dalam kehidupan seluruh bangsa Indonesia. 

"Pancasila berfungsi sebagai dasar negara. Artinya, pancasila digunakan untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan, yang meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan," sebut Kombes Aldinan. 

 

Selain itu, tambahnya, pancasila juga berperan sebagai pandangan hidup bangsa, sumber dari segala hukum, kepribadian bangsa, dan sebagai cita-cita dan tujuan bangsa. 

Selanjutnya, Alumni Akpol 2000 itu menerangkan terkait penerapan pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dari setiap sila dalam pancasila. 

 

Penanaman dan penerapan nilai-nilai pancasila sangat penting dan diperlukan dalam membentuk kepribadian generasi bangsa yang berkarakter, agar dapat menghargai dan hidup dalam damai, bermoral serta mampu bersaing dalam segala bidang. 

 

"Ditempat ini, kalian ingin dibentuk mental yang kuat, sehingga menjadi pribadi yang tidak hanya kuat, namun tangguh dan lebih mandiri," kata Kombes Aldinan, yang juga mantan penyidik Bareskrim Polri ini. 

Tampak hadir pula, Kepala Bidang Penanganan Konflik pada Badan Kesbangpol Kota Kupang Jeri Lakusa, para pelatih, pendamping dan purna paskibraka. (AN)