Kapolresta Didampingi Kabag SDM dan Ketua Bhayangkari, Beri Arahan Kepada Polwan Polresta Kupang Kota

Kapolresta Didampingi Kabag SDM dan Ketua Bhayangkari, Beri Arahan Kepada Polwan Polresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com - Polisi Wanita (Polwan) Polresta Kupang Kota mendapat arahan dan penekanan dari Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, dalam kesempatan tatap muka yang berlangsung di Aula Bijaksana Polresta Kupang Kota, Sabtu (2/3/2024) siang kemarin. 

Arahan dan penekanan kepada 54 orang polwan, selain dari Kapolresta Kupang Kota, juga dari Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Kompol Herman Bessie dan Ketua Bhayangkari Cabang Kota Kupang Kota Ny. Mellisa Aldinan Manurung. 

 

Tampak hadir pula, Kepala Sub Bagian Pembinaan Karier (Kasubbag Binkar) Bagian SDM AKP Darius Kore, Kepala Seksi Profesi dan Pengamanan (Kasipropam) IPTU M. Iqbal, dan Kepala Seksi Pengawasan (Kasiwas) IPDA Dewa Nyoman Gunawan. 

Senior polwan Polresta Kupang Kota yang juga hadir, diantaranya Kapolsek Maulafa AKP Nuriyani Trisani Ballu, S.H., M.H, Kepala Seksi Keuangan (Kasikeu) IPTU Maria Goreti Mangu, S.H, dan Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi (Kanit Regident) Satuan Lalu Lintas IPDA Niken Ayu Prabandari, S.Tr.K. 

 

Pada kesempatan itu, Kapolresta meminta polwan untuk menjaga dan junjung tinggi marwah organisasi dan diri sendiri. 

 

"Marwah organisasi juga ada di polwan, sehingga harus patuh, taat dan menjunjung tinggi aturan serta regulasi yang ada," ucap Kapolresta. 

 

Lebih lanjut dikatakan, polwan punya tugas dan tanggung jawab yang besar, selain di kantor, juga punya tanggung jawab di rumah sebagai ibu rumah tangga. 

 

"Polwan masa kini harus Smart, bisa mengatur waktu saat berada di rumah dan di kantor. Laksanakan tugas sesuai aturan yang ada, dan tidak melakukan pelanggaran," tegas Kombes Aldinan Manurung. 

 

Selain itu, Kapolresta juga menekankan untuk tidak bergaya hidup mewah atau hedonisme. 

 

"Sebagai polwan, harus hidup sederhana dan tidak hedonisme mengikuti gaya hidup," tegas Kapolresta lagi. 

Ketua Bhayangkari Cabang Kota Kupang Kota mengingatkan polwan untuk terus meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan, dan perhatikan etika saat menggunakan media sosial, serta hidup sederhana jauhi hedonisme. 

 

"Jangan lupa selalu berdoa dan bersyukur atas kehidupan yang diperoleh saat ini, dan beretika saat bermedsos," kata Ny. Aldinan Manurung. 

 

Tambahnya lagi, polwan sama seperti Bhayangkari yang dituntut hidup sederhana dan tidak mengikuti gaya hidup hedonisme, tutup Ketua Bhayangkari yang juga sebagai ibu asuh polwan Polresta. 

 

Kabag SDM juga kembali memberi penekanan kepada polwan, bahwa aturan di Kepolisian juga mengikat bagi polwan. 

 

"Polisi sebagai contoh dan teladan di tengah-tengah masyarakat, aturan di Polri mengikat juga untuk seluruh anggotanya, termasuk polwan," tutur mantan Wakapolres Ngada itu 

Sambung Kompol Herman, disiplin tetap dipegang teguh, dan tidak melakukan pelanggaran disiplin, kode etik atau pidana. 

 

"Tetap pertahankan disiplin yang sudah berjalan baik, dan jauhi segala bentuk pelanggaran. Loyalitas, kehormatan dan hirarki antar junior polwan dan senior tetap dipertahankan, dan yang senior awasi betul adik-adiknya," pesan Kabag SDM. 

 

Bahwa tatap muka dilakukan untuk terus menjalin keakraban, dan sebagai bentuk pengawasan serta kontrol terhadap kinerja dan perilaku hidup polwan, sehingga tidak ada pelanggaran yang terjadi, guna dapat memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat di Kota Kupang. (AN)