Jelang Pengamanan Perayaan Natal Dan Tahun Baru, Polresta Kupang Kota Laksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral.

Jelang Pengamanan Perayaan Natal Dan Tahun Baru, Polresta Kupang Kota Laksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral.

Tribratanewskupangkota.com - Polresta Kupang Kota melaksanakan kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kota Kupang, (Sabtu 16/12/2023) bertempat di Aula Bijaksana Polresta Kupang Kota.

Hadir dalam kegiatan rapat tersebut antara lain Wakapolresta Kupang Kota AKBP Aldinan R. J. H. Manurung, S.H., S.I.K., M.Si., Kabag Ops Kompol Jony F Sihombing, S.E.,S.I.K.,M.M.,  Kasat Intelkam Kompol Jonny S. Nahak, S.E., S.I.K., Kasat Reskrim AKP Yohanes Suhardi, S. Sos. M.H., Wadan Denpom Kapten KT Somedana, Kasi Gaktib Sat. POM AU Kapten Oky J. Lukito, Kasi Ops Kodim 1604 Kapten Khairul Andar, Kasi Ops Basarnas Mayor Muhdar, Perwakilan Keuskupan Agung Kupang Pastor Erick, KBO Lantas Iptu Valentinus Beribe, Dishub Kota Kupang Milton Theme, Damkar Kota Kupang George Tiamuri, POM Lantamal Kapten Haikal, GP Ansor NTT Ichan A. Pua Upa dan Satpol PP Daus Selebele.

Rapat koordinasi ini dibuka dengan paparan oleh Wakapolresta Kupang Kota. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan di Kota Kupang, kegiatan ini diberi sandi Operasi Lilin Turangga 2023. Kondisi wilayah Kota Kupang sejauh ini masih dalam kondisi kondusif walaupun operasi kali ini jalannya bersamaan dengan pemilu tahun 2024.

Tren mudik Natal dan Tahun Baru sekarang ini meningkat, kita harus mengantisipasi arus mudik, karena pelabuhan dan bandara berada di wilayah Kota Kupang.

Wilayah operasi terdiri dari enam kecamatan yaitu Kecamatan Kota Lama, Kecamatan Kelapa Lima, Kecamatan Oebobo, Kecamatan Alak, Kecamatan Maulafa dan Kecamatan Kota Raja.

“Timeline sudah kita siapkan yaitu didahului dengan Rakor Lintas Sektoral hari ini, Operasi Pekat, Gelar Pasukan pada tanggal 21 Desember 2023, Operasi Lilin dan pada tanggal 24 Desember 2023, melakukan Apel Kesiapan Pengamanan Malam Natal dan dilanjutkan pada tanggal 31 Desember 2023 dilakukan Apel Kesiapan Pengamanan Malam Tahun Baru serta pada tanggal 03 Januari 2024 dilakukan konsolidasi. Operasi ini dilakukan selama 12 hari.” Ungkap Wakapolresta Kupang Kota.

Lebih lanjut beliau menjelaskan potensi kerawanan yaitu tindak pidana terorisme, bencana alam, ketersediaan bahan pangan, arus mudik dan arus balik. Prediksi kerawanan malam natal dan tahun baru yaitu mengantisipasi ancaman teror bom di Gereja, pencemaran Hostia, Curanmor, kemacetan lalulintas, petasan yang mengganggu masyarakat, laka laut, pesta miras dan bencana alam.

Sasaran operasi yaitu tempat-tempat keramaian dan kegiatan masyarakat. Prioritas sasaran operasi yaitu keamanan keselamatan berlalu lintas, pengamanan pelabuhan dan bandara, tempat ibadah dan tempat perbelanjaan.

Penebalan personel akan dilakukan dari instansi terkait yaitu Satpol PP Kota Kupang sebanyak 21 Personel, Damkar Kota 6 Personel, BPBD 10 Personel, Pramuka 20 Personel, Dishub Kota 21 Personel, Kodim 10 Personel, Denpom 10 Personel, Basarnas 8 Personel, Pemuda Ansor 15 Personel dan Keuskupan 40 Personel.

Kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 diakhiri dengan foto bersama. (RA)