Jelang Pemilu 2024, Polresta Kupang Kota Gelar Apel Satkamling Wujudkan Harkamtibmas Dengan Pam Swakarsa

Jelang Pemilu 2024, Polresta Kupang Kota Gelar Apel Satkamling Wujudkan Harkamtibmas Dengan Pam Swakarsa

Tribratanewskupangkota.com- Kepolisian Resor Kota Kupang kota menggelar apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) dalam rangka meningkatkan harkamtibmas menjelang pemilu serentak tahun 2024 bertempat dilapangan apel Polresta Kupang kota, Rabu (21/05/2023) .

Apel Satkamling Dalam Rangka Meningkatkan Harkamtibmas Menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024 Dan Revitilasi Satkamling tersebut dipimpin oleh Pejabat Walikota Kupang juga hadir Kapolresta Kupang Kota, ketua DPRD kota Kupang,unsur TNI, Sat Pol pp, para lurah dikota Kupang dan juga melibatkan aparatur di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa serta seluruh personel polresta Kupang kota.

Pejabat Walikota Kupang selaku pimpinan apel membacakan amanat Kapolri dalam amanat Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo berharap Satkamling dalam Pemilu 2024 dapat menjadi sistem pendingin agar tidak ada perpecahan masyarakat karena perbedaan pilihan.

“Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan,” imbuhnya.

Selain itu, Kapolri juga mengatakan Satkamling merupakan unit terkecil yang beranggotakan warga setempat di tingkat RT/RW. Solidaritas dan kepedulian warga yang ingin dibangun dengan senantiasa berkoordinasi dan bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya.

“Sebagaimana kutipan dari penyair asal Amerika Serikat, Ralph Waldo Emerson bahwa sistem keamanan yang paling kuat adalah sistem yang anda bangun di dalam dirimu sendiri,” kata Kapolri dalam amanatnya.

Kapolresta Kupang kota Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto S.H., S.I.K., M.H juga menyampaikan bahwa apel satkamling ini dilaksanakan untuk memantapkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa atau mandiri.

”Saya memerintahkan kepada seluruh Bhabinkamtibmas yang melekat di desa-desa agar bisa menjadi motor penggerak aktivitas komponen masyarakat dalam menciptakan keamanan desa” imbuhnya.

‘’Di tengah keterbatasan personel, maka peran masyarakat juga sangat vital sekali dalam mewujudkan hal itu. Sinergitas antara masyarakat dan personel Bhabinkamtibmas harus terus ditingkatkan dengan melakukan kegiatan pengamanan swakarsa’’ tutup Kapolresta.

Dalam pelaksanaan Apel Satkamling tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan Penghargaan dan hadiah Poskamling terbaik dalam rangka juara lomba Sat Kamling yang diadakan oleh Sat Binmas Polresta Kupang kota dengan kriteria penilaian keaktifan serta, kepahaman tugas dan tanggung jawab dalam menangani gangguan Kamtibmas. (az)