Polres Kupang Kota Laksanakan Apel Gelar Pasukan Serentak Dalam Rangka Operasi Ketupat Ranaka 2021

Polres Kupang Kota Laksanakan Apel Gelar Pasukan Serentak Dalam Rangka Operasi Ketupat  Ranaka 2021

Tribratanewskupangkota.com– Dalam rangka menciptakan rasa aman dan nyaman menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Kepolisian Resor Kupang Kota  menggelar Operasi Ketupat Ranaka 2021 yang ditandai dengan Apel Gelar pergeseran pasukan operasi Ketupat Ranaka 2021, Rabu (05/05/2021).

Apel Gelar dipimpin oleh Walikota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, S.E., M.M. didampingi Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana P. T. Binti, S.IK., Dandim 1604 Kupang  Letkol ARH Abraham Kalelo, Danden Pom IX/1 Kupang Mayor Cpm Joao Cortereal  dan Kadis Perhubungan Kota, Bapak Bernadinus Mere. dengan tema "“MELALUI APEL GELAR PASUKAN OPERASI KETUPAT RANAKAH-2021, KITA TINGKATKAN SINERGITAS POLRI DENGAN INSTANSI TERKAIT DALAM RANGKA MEMBERIKAN RASA AMAN DAN NYAMAN PADA PERAYAAN IDUL FITRI 1442H”.

Kegitan dilanjutkan dengan amanat Kapolri Adapun isi amanat yang dibacakan Walikota Kupang pada intinya Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk  pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat-2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI ,Pemda,l dan mitra kamtibmas lainnya Menjelang hariraya Idul Fitri 1442 Htren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03%. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktifitas masyarakat khususnya menjelang akhir bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada hari raya Idul Fitri 1442 H. Ini merupakan tahun kedua Pemerintah mengambil kebijakan tersebut karena situasi pandemi Covid-19.Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil melalui berbagai macam pertimbangan, yaitu pengalaman terjadinya tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang, termasuk peningkatan kasus sebesar 93% setelah pelaksanaan libur Idul Fitri pada tahun 2020/1441 H.

Bahwa kegiatan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Ranakah - 2021 tersebut bertujuan untuk mengetahui kesiapan dalam mengamankan Perayaan Idul Fitri 1442H baik dari kesiapan personil, sarana dan prasarana serta dukungan logistik lainnya dan juga untuk menjalin koordinasi atau sinergi dengan seluruh Instansi atau pihak-pihak yang terkait.

Serta Operasi Ketupat 2021 merupakan Operasi Kemanusiaan yang mengedepankan tindakan Persuasif, Humanis dan Tegas guna mencegah masyarakat yang mudik lebaran guna mewujudkan Sitkamtibmas yang aman dan kondusif dalam pelaksanaan Idul Fitri 1442 Hal tersebut diatas juga sebagai upaya Polri untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta mencegah terjadinya kerumunan massa diwilayah Kota Kupang Seluruh.

 Rangkain Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah 2021 yang dilaksanakan diMapolres Kupang Kota berjalan aman dan lancar, dipantau langsung oleh Kapolres Kupang Kota.