Jangan Jadi Bagian Yang Menyebabkan Masalah Namun Jadilah Bagian Yang Bisa Memberikan Solusi, Pesan Kapolresta Pada  Apel Pagi.

Jangan Jadi Bagian Yang Menyebabkan Masalah Namun Jadilah Bagian Yang Bisa Memberikan Solusi, Pesan Kapolresta Pada  Apel Pagi.

Tribratanewskupangkota.com - Mari kita sebagai umat beriman untuk panjatkan syukur pada Tuhan yang maha kuasa karena kita dalam keadaan sehat sehingga bisa hadir pada apel pagi hari ini. Kesehatan sangatlah penting karena kalau kita sehat bisa lakukan aktifitas dengan baik dan secara produktif, kata Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H pada apel pagi (6-2-2023).

"Sebagai pimpinan, saya terus ingatkan bahwa bertugas di Polresta Kupang Kota haruslah kalian memiliki rasa bangga. Tunjukkan dedikasi dan loyalitas tinggi dengan bekerja lebih baik dari personel yang bertugas di polres lain", pesan Kapolresta Kupang Kota.

Sambungnya, sebagai manusia kita memang mempunyai kelemahan dan kekurangan, namun dengan profesi mulia kita sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegakan  hukum yang begitu luas dalam ruangan pelayanan, maka kita harusnya senantiasa bersyukur.

"Memilih profesi sebagai polisi adalah pilihan kita dan kesepakatan bersama berdasarkan undang-undang. Dengan tugas pokok dan fungsi yang kalian emban begitu luas tadi, sehingga akan menjadi sia-sia apabila tidak kalian gunakan dengan baik, ujar Kombes Krisna.

"Waktu tugas piket kalian selama 1x24 jam jangan disia-siakan dengan hanya sekedar duduk nongkrong di pos polisi, berbuatlah baik sesuai tugas pokok kalian dan ini merupakan ibadah dan tentunya akan mendapat pahala dari yang kuasa", lanjutnya.

Setelah laksanakan tugas, diharapkan output nya harus ada dimana masyarakat semakin tertib baik dalam lingkungan kehidupan sehari-hari dan ketertiban berkendara di jalan raya. "Fungsikan social enginering, apabila masyarakat tidak berubah, pola usaha kalian yang harus kalian ubah tanpa batas akhir atau sampai kalian purna tugas", kata Kapolresta.

Bhabinkamtibmas jangan hanya lakukan patroli sambang ke masyarakat dan hanya duduk ngobrol biasa, output nya harus ada dengan masyarakat terlibat aktif dalam pemeliharaan kamtibmas. "Saya sudah perintahkan mulai hari ini sudah harus ada peternakan ikan lele di wilayahnya masing-masing karena sudah didukung dengan anggaran", tegas Kapolresta.

Apapun fungsi tugas kalian, lakukan yang terbaik bagi masyarakat. "Jangan kita jadi bagian yang menyebabkan masalah, namun jadilah bagian yang bisa memberikan solusi bagi masyarakat. Lakukan tugas dengan baik sesuai Standar Operasional Prosedur, apabila ada masalah, sebagai pimpinan akan saya hadapi dan kalian berada dibelakang saya", tegas Kapolresta Krisna.

Kegiatan ngobrol pinggiran (ngopi bareng) yang saya lakukan, saat ini juga sudah dilakukan di seluruh Indonesia karena terbukti menjadi bisa memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

Pada akhir arahan Kapolresta, seorang personel dari Satuan Lalulintas Polresta Kupang Kota mempertanyakan apabila ada pengendara sepeda motor berknalpot racing hendak dihentikan namun berusaha menghindar dengan terus ngebut dan hendak menabrak personel, apa yang harus kita lakukan? Dalam jawabannya Kapolresta menyampaikan bahwa tugas kita adalah pelayan masyarakat sehingga kalian coba untuk menahan dengan jarak yang ideal dan memungkinkan sehingga masyarakat tidak merasa kaget. Kapolresta mengingatkan kita juga mempunyai diskresi kepolisian dimana kita dapat mengambil keputusan sendiri di lapangan tanpa menunggu arahan atau petunjuk pimpinan namun tetap dalam koridor undang-undang yang berlaku.