Jaga Stabilitas Keamanan, Patroli Samapta dan Satlantas Polresta Kupang Kota Datangi Tempat Rawan Kamtibmas

Jaga Stabilitas Keamanan, Patroli Samapta dan Satlantas Polresta Kupang Kota Datangi Tempat Rawan Kamtibmas

Tribratanewskupangkota.com - Guna menjaga stabilitas keamanan masyarakat di Kota Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, personel Satuan Samapta dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Kupang Kota, mendatangi tempat-tempat keramaian publik yang dapat menimbulkan gangguan, baik keamanan, ketertiban maupun gangguan sosial kemasyarakatan.

 

Hal ini, diungkapkan oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si dalam keterangannya, saat ditemui di ruangan kerjanya, Jumat (9/8/2024).

"Dengan stabilitas keamanan yang terkendali, kegiatan masyarakat, roda perekonomian dan pembangunan di Kota Kupang dengan julukan kota "Kasih" ini (Kupang, Aman, Sehat, Indah  Harmonis) dapat terus berjalan dengan lancar dan sukses," ucap Kapolresta.

 

Lebih lanjut mantan Kapolres Kupang ini menuturkan, keamanan menjadi salah satu faktor penting dalam kehidupan masyarakat, yang merupakan tanggungjawab Polri untuk menjaganya, namun dengan dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak termasuk masyarakat, maka hal tersebut menjadi lebih mudah.

 

"Kami tidak bisa bekerja sendiri, namun butuh dukungan dan kerjasama seluruh pihak, khususnya masyarakat untuk ikut dalam menjaga kamtibmas, yang bisa dimulai dari lingkungan tempat tinggalnya sendiri," sebut Kombes Aldinan Manurung.

 

Lebih lanjut dijelaskan, selain patroli oleh Satuan Samapta dan Satlantas, juga oleh personel dari 4 (empat) Polsek jajaran Polresta Kupang Kota, yang saling mendukung menjaga dan memelihara kamtibmas di Kota Kupang.

 

"Patroli rutin pada jam-jam rawan, dilakukan juga oleh anggota Polsek jajaran, sehingga seluruh wilayah Kota Kupang bisa terjangkau oleh patroli polisi, yang akhirnya kamtibmas yang kondusif dapat terwujud," beber Kapolresta lagi.

Pada kegiatan patroli, anggota menyambangi obyek-obyek penting, seperti pasar, pertokoan, tempat nongkrong masyarakat, dengan melakukan himbauan dan dialog, sehingga polisi dapat mengetahui kondisi keamanan masyarakat secara langsung.

 

"Kami sambangi masyarakat dan mengajak dialog, agar diketahui permasalahan atau kondisi terkini terkait keamanan dari masyarakat, sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan sebelum menimbulkan gangguan nyata," kata Kapolresta.

 

Apabila dalam patroli ditemukan potensi kejahatan atau pelanggaran lalu lintas secara kasat mata, tambah Kapolresta Aldinan, anggota tidak segan-segan untuk melakukan tindakan penegakan hukum, sehingga mencegah terjadinya potensi gangguan yang lebih besar, seperti kecelakaan lalu lintas.

Orang nomor satu di Polresta Kupang Kota ini kemudian berpesan, agar masyarakat dapat menjadi "polisi" bagi dirinya sendiri, dengan ikut menjaga keamanan dan mencegah terjadinya pelanggaran dan atau kejahatan.

 

"Jadilah polisi bagi diri sendiri, sehingga keamanan selalu dalam kondisi terkendali, dan patuhi seluruh peraturan serta rambu lalu lintas, dan jadikan keselamatan sebagai yang pertama dan utama," pesan Kapolresta Kupang Kota. (AN)