H+10 Lebaran, Polsubsektor Pelabuhan Tenau Terus Berikan Pengamanan dan Pelayanan Kepada Penumpang Arus Balik

H+10 Lebaran, Polsubsektor Pelabuhan Tenau Terus Berikan Pengamanan dan Pelayanan Kepada Penumpang Arus Balik

Tribratanewskupangkota.com – Personel Polresta Kupang Kota melalui Polsubsektor Pelabuhan Tenau Kupang yang dipimpin Kapolsubsektor Ipda Teguh Imam Santoso, terus bersiaga memberikan pengamanan dan pelayanan terhadap penumpang arus balik Hari Raya Lebaran atau Idul Fitri Tahun 2024 di Pelabuhan Tenau Kupang.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang ditemui portal media online resmi Humas Polresta Kupang Kota tribratanewskupangkota.com mengatakan, komitmen kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat, dan pelabuhan merupakan salah satu pintu masuk dan keluar, sehingga pengamanan akan selalu ditingkatkan.

“Kami selalu memberikan pelayanan kepada semua lapisan masyarakat, ini adalah komitmen kami, pelabuhan adalah pintu masuk dan keluar warga, untuk itu pengamanan akan terus kami tingkatkan,” kata Kapolresta Aldinan Manurung.

 

Kapolsubsektor Pelabuhan Tenau yang dihubungi terpisah mengatakan, peningkatan arus balik penumpang kapal laut pada hari raya lebaran masih terjadi hingga saat ini.

“Hingga hari ini, Sabtu (20/4) pagi tadi, masih terjadi peningkatan arus balik penumpang dan kendaraan di pelabuhan tenau, dari pelabuhan tujuan di Kabupaten Rote Ndao, Pulau Sumba, Flores, Lombok dan Pulau Jawa,” ujar Kapolsubsektor Pelabuhan Tenau.

 

Dengan masih terjadinya peningkatan arus balik itu, sambung Ipda Teguh, piket Polsubsektor bersama posko terpadu angkutan lebaran terus bersiaga penuh selama 1x24 jam, dalam memberikan pengamanan dan pelayanan kepada para penumpang.

 

“Piket Polsubsektor bersama piket posko terpadu, terus siaga untuk mengamankan dan membantu para penumpang, terutama kepada lansia dengan barang bawaan yang banyak, untuk segera memberikan pelayanan, agar penumpang merasakan kehadiran polisi di tengah masyarakat,” ungkapnya lagi.

Lanjut Ipda Teguh, juga dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang, dan kendaraan bermotor yang tiba maupun berangkat, dengan memeriksa surat dan kelengkapan kendaraan serta SIM.

 

Selain itu, tutur Kapolsubsektor lagi, pelayanan dan pengamanan juga kepada penumpang yang hendak berangkat maupun tiba di pelabuhan, agar seluruh aktifitas penumpang dan barang serta kendaraan di pelabuhan tenau kupang, berlangsung aman, lancar dan nyaman.

Untuk diketahui, pada Jumat (19/4) dini hari, telah tiba KM. Dharma Kartika V dari pelabuhan Tanjung Perak Kota Surabaya, Lembar, Waingapu dengan membawa penumpang dan kendaraan yang turun, terdiri dari 589 orang penumpang, 40 unit sepeda motor dan 30 unit mobil.

 

Lalu, sekitar pukul 09.00 Wita, pengamanan Embarkasi Kapal Fery Cepat (KFC) Express Bahari 8E tujuan Kabupaten Rote Ndao dengan memuat penumpang 75 orang. Dan, pukul 13.50 Wita kapal tersebut kembali dari pelabuhan Papela Kabupaten Rote Ndao, dengan membawa penumpang turun sejumlah 95 orang.

 

Pada malam hari, sekitar pukul 19.30 Wita, pengamanan Embarkasi Kapal Cantika Lestari 9C, tujuan pelabuhan di Kabupaten Sabu Raijua, dengan penumpang naik sebanyak 61 orang.

Kemudian selanjutnya, pada Sabtu (20/4) pukul 08.00 Wita, pengamanan keberangkatan KM. Dharma Kartika V dengan pelabuhan tujuan di Kabupaten Waingapu, Lembar, dan Kota Surabaya, dan mengangkut penumpang sejumlah 780 orang, 69 unit sepeda motor, 17 unit mobil minibus dan 12 unit mobil jenis Dump Truck. (AN)