Gatur Sore Personel Sat Samapta, Bentuk Pelayanan Polri Bagi Warga Kota Kupang

Gatur Sore Personel Sat Samapta, Bentuk Pelayanan Polri Bagi Warga Kota Kupang

Tribratanewskupangkota.com - Sebagai salah satu bentuk pelayanan Polri, Polresta Kupang Kota kepada masyarakat, personel Satuan Samapta melakukan pengaturan arus lalu lintas di beberapa lokasi yang menjadi titik rawan kemacetan dan kecelakaan.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pelaksanaan tugas pengaturan pada sore hari, merupakan salah satu tugas pokok dari Satuan Samapta, selain melakukan tugas penjagaan, pengawalan dan patroli.

"Pengaturan lalu lintas oleh Satuan Samapta sebagai wujud kehadiran polisi di jalan untuk melakukan pengaturan, membantu masyarakat pengendara kendaraan bermotor, sehingga terhindar dari kemacetan hingga kecelakaan," terang Kapolresta.

 

Dikatakannya lagi, tugas pokok Satuan Samapta tersebut merupakan tindakan preventif, pencegahan atas pelanggaran dan kejahatan yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja.

 

"Dengan kehadiran polisi di jalan raya, selain membantu melancarkan arus lalin dan mencegah kecelakaan, juga mencegah terjadinya pelanggaran dan tindak pidana," ucap Kombes Aldinan.

 

Kasat Samapta Polresta Kupang Kota Kompol Teosasar M.M.F Ngulu, S.Sos., M.M yang ditemui mengatakan, pengaturan lalu lintas oleh Satuan Samapta merupakan tugas rutin yang dilaksanakan pada pagi, sore dan malam hari, pada lokasi-lokasi keramaian masyarakat.

 

"Pengaturan lalin di sore hari ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh anggota samapta, dengan tujuan untuk memperlancar arus lalin dan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan, serta wujud pelayanan Polresta Kupang Kota kepada warga di Kota Kupang," ungkap Kompol Adi Ngulu yang akrab disapa.

Harapannya, tambah mantan Kabag SDM Polresta Kupang Kota ini, masyarakat yang melaksanakan aktivitas sore selalu berhati hati dan mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara, sehingga tidak terjadi kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas.

 

"Kami himbau pengendara untuk selalu berhati-hati di jalan, utamakan keselamatan diri sendiri dan juga orang lain, agar kamseltibcarlantas yang kondusif di Kota Kupang dapat terwujud," pungkas mantan Kasat Lantas Polres Rote Ndao ini. (AN)