Cegah Penyumbatan Drainase, Polsek Oebobo Bersih-Bersih Sampah di Nunleu

Cegah Penyumbatan Drainase, Polsek Oebobo Bersih-Bersih Sampah di Nunleu

Tribratanewskupangkota.com – Kepolisian Sektor Oebobo Polresta Kupang Kota melakukan kegiatan “Jumat Bersih”, dengan membersihkan sampah di sepanjang jalur drainase Jalan Sudirman, Kelurahan Nunleu, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, Jumat (17/11) pagi.

 

Kapolsek Oebobo AKP Ricky Dally, S.H, yang dihubungi media ini mengatakan, kegiatan Jumat bersih bersama anggota, dengan membersihkan sampah-sampah plastik, rumput dan daun-daun pohon yang dapat menghambat aliran air.

“Saat ini mulai turun hujan, dan beberapa drainase di Kota Kupang terlihat tersumbat akibat banyaknya sampah. Karena hal itu, kami bersama Pemkot Kupang bekerjasama secara gotong royong membersihkan sampah, dan hari ini dilakukan di Jalan Sudirman,” ucap Kapolsek Oebobo.

Ditambahkannya, kerja bakti membersihkan lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari sampah, rumput dan dedaunan pohon. Dengan lingkungan yang sehat, masyarakat tidak akan mudah terserang penyakit, dan tentunya tidak menimbulkan genangan air, hingga banjir.

 

“Manfaat yang didapat, lingkungan menjadi tetap bersih, meringankan pekerjaan petugas kebersihan, dan yang penting disini, dengan kerja bakti bersama menumbuhkan sikap kekeluargaan, mengajarkan sikap kerjasama, dan membangun kepedulian dari warga sekitar,” ungkapnya.

 

Lanjut Kapolsek, tujuan kegiatan ini adalah agar mencegah terjadinya banjir akibat drainase yang tersumbat karena sampah, dan tidak menimbulkan bibit nyamuk, penyebab penyakit demam berdarah. Selain itu, juga bisa mencegah aroma bau yang tidak sedap, tandas AKP Ricky.

Kasihumas Polresta Kupang Kota IPDA Florensi Ibrahim Lapuisaly yang ditemui menjelaskan, Jumat bersih dengan membersihkan sampah di jalur drainase, dilakukan Polsek Oebobo bersama Pemkot Kupang untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, serta mencegah terjadinya penyumbatan pada drainase sebagai penyebab banjir.

 

“Dengan kondisi drainase yang bersih, lingkungan menjadi terlihat indah dan tentunya saat hujan air akan mengalir tanpa hambatan. Karena apabila drainase tersumbat, maka akan terjadi genangan air di badan jalan yang bisa menimbulkan pengendara sepeda motor menjadi terhambat, bahkan bisa terjatuh apabila terpaksa melintas genangan air itu,” ujar IPDA Frangky. (AN)