Beri Motivasi Kepada Siswa, Kapolda NTT Didampingi Kapolresta Kupang Kota Safari Kamtibmas di Sekolah

Beri Motivasi Kepada Siswa, Kapolda NTT Didampingi Kapolresta Kupang Kota Safari Kamtibmas di Sekolah
Beri Motivasi Kepada Siswa, Kapolda NTT Didampingi Kapolresta Kupang Kota Safari Kamtibmas di Sekolah
Beri Motivasi Kepada Siswa, Kapolda NTT Didampingi Kapolresta Kupang Kota Safari Kamtibmas di Sekolah
Beri Motivasi Kepada Siswa, Kapolda NTT Didampingi Kapolresta Kupang Kota Safari Kamtibmas di Sekolah

Tribratanewskupangkota.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum melakukan safari kamtibmas di SMA Negeri 7 Kota Kupang, dengan didampingi oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H.

 

Turut mendampingi, diantaranya Kasat Lantas Polresta Kupang Kota Kompol Imanuel Zacharias, Kasat Pembinaan Masyarakat AKP Verry Polin, S.H, Kasihumas IPDA Florensi Ibrahim Lapuisaly, dan KBO Pembinaan Masyarakat IPDA Leonardus Dima.

Setibanya Kapolda NTT, disambut oleh Kapolresta Kupang Kota, dan kemudian diiringi dengan drum band hingga memasuki halaman sekolah.

 

Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Kota Kupang Wemvrid M. Boimau, S.Pd., M.Hum dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada Kapolda NTT karena ditengah kesibukannya masih bisa hadir untuk memberikan arahan dan motivasi kepada siswa/i, dan bapak ibu guru SMA Negeri 7.

"Terima kasih pak Kapolda, karena dengan begitu padatnya kegiatan, masih meluangkan waktu untuk hadir bersama kami hari ini (7/12/2023)," ungkapnya.

 

Kapolda Irjen Johni Asadoma mengajak seluruh siswa dan bapak ibu guru untuk mengucap syukur karena bisa dipertemukan saat ini.

"Puji Tuhan karena pagi hari ini kita bisa bertemu dengan keadaan yang sehat dan penuh semangat. Semangat siswa/i harus terus di gelorakan untuk masa depan yang baik," ucap Jenderal bintang dua itu.

Irjen Johni Asadoma melanjutkan, setelah menang dalam lomba drum band kemarin, Kapolda berjanji untuk hadir di SMA Negeri 7.

 

"Setelah menjadi juara favorit dalam lomba drum band, saya berjanji untuk datang lagi ke sekolah, dan saya memberikan kesan yang luar biasa bagi sekolah ini, karena disambut dengan drum band dan beberapa gerakan dari pramuka. Ini membuktikan bahwa sekolah ini dinamis dan ekstra kurikuler yg diterapkan sangat bagus, karena menghasilkan bukan hanya kemampuan tapi juga keterampilan," pujinya disambut tepuk tangan siswa.

 

Mantan Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadivhubinter) Polri itu lalu menceritakan tentang biografinya, yakni merupakan putra asli dari Provinsi NTT (Kabupaten Alor), dan bersekolah sejak Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas di Kota Kupang.

 

Dia juga menceritakan tentang keaktifannya waktu masa remaja, di dalam kegiatan pramuka dan gereja (sekolah minggu).

 

"Saya bangga karena bisa kembali ke NTT menjadi Kapolda, dan semoga bisa memotivasi putra NTT untuk menjadi orang sukses dan hebat. Saya dalam kegiatan pramuka dan sekolah minggu, dimana membentuk kepribadian, disiplin, kemampuan, keterampilan, kreatifitas yang mampu bekerjasama dengan orang lain dan berkelompok, yang tentunya akan sangat dibutuhkan saat bekerja nantinya," katanya lagi.

 

Mantan Wakapolda Sulawesi Utara dan NTT itu juga menyatakan, bahwa di usia 17 tahun, sudah mendapat juara dengan memperoleh medali emas dalam ajang Sea Games, meraih medali emas Piala Presiden, putra NTT yang mengikuti Olimpiade di Los Angeles, Amerika Serikat.

 

Kapolda NTT kemudian memberikan tips menjadi orang sukses dan hebat, dengan beberapa poin, diantaranya tetapkan cita-cita setinggi langit, jangan pernah takut untuk menentukan cita-cita demi masa depan. Cita-cita yang sudah ditentukan, harus fokus untuk menggapainya.

 

Kemudian cita-cita itu, harus mampu kita kuasai ilmu pengetahuan dan teknologinya, sehingga tidak hanya angan-angan namun dibekali dengan pengetahuan.

 

Selanjutnya, ditambahkan Kapolda, membangun jaringan sosial, karena hidup tidak hanya seorang diri namun harus bersosialisasi dengan orang lain.

"Bangun hubungan baik dengan guru dan teman-teman sekolah. Berani menyampaikan ide, gagasan di depan forum, berdasarkan logika dan referensi. Taqwa kepada Tuhan yang kuasa, dengan taqwa dan tekun kepada Tuhan, akan diberikan jalan dan kelancaran dalam meraih cita cita,serta taat dan patuh kepada orang tua, sehingga kita juga terus di doakan," ucap Kapolda Irjen Johni Asadoma.

 

Selanjutnya orang nomor satu di Polda NTT tersebut memberikan himbauan kamtibmas, bahwa sebagai warga negara hendaknya patuh terhadap norma dan peraturan yang ada.

"Hal pertama sebagai warga negara yang baik, yakni patuh terhadap norma dan peraturan yang berlaku. Dengan patuh, maka kehidupan yang aman dan damai bisa terwujud di dalam kehidupan masyarakat. Jangan terpengaruh dengan minuman keras (miras) karena akan mempengaruhi kesehatan yang tentunya akan berdampak kepada kondisi kesehatan yang jelek dan akan berdampak pula kepada kamtibmas. Jauhi narkoba dan merokok. Waktu yang ada masih sekolah digunakan untuk belajar tanpa henti," pesan Kapolda lagi kepada siswa/i dan bapak ibu guru.

 

Pada kesempatan itu, Kapolda NTT juga menghimbau untuk menjaga keamanan lingkungan utamanya menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024 mendatang.

 

"Mari kita semua menjaga kamtibmas yang tetap kondusif, dan bagi yang mempunyai hak memilih dalam Pemilu, agar dapat berpartisipasi secara aktif dan tidak menjadi golput, demi membangun bangsa ini menjadi lebih baik lagi," tutupnya.

Candra Dubu, Siswa Kelas XI, Martha Herewila, siswa Kelas X, Febriani Tukan Siswa Kelas XI, menjawab tantangan Kapolda NTT dengan mengulang semua arahan, namun dengan menggunakan Bahasa Inggris.

 

Atas keberanian dan kemampuan dalam menjawab tantangan itu, ke tiga siswa/i tersebut mendapat penghargaan berupa hadiah handphone dari Kapolda NTT.

Kapolda NTT lalu menyerahkan plakat kepada sekolah yang diterima oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Kota Kupang.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H yang ditemui media ini menjelaskan, safari kamtibmas yang dilaksanakan dalam rangka memberikan motivasi kepada seluruh siswa untuk lebih giat dan tekun dalam belajar, dan jangan takut untuk menentukan cita-cita setinggi tingginya.

"Safari kamtibmas Kapolda NTT yang merupakan putra asli NTT, untuk memotivasi siswa untuk tetap tekun belajar untuk menggapai cita-cita yang ditentukan," ucap Kapolresta.

 

Selain itu, Kapolda juga ingin mendekatkan Polri dengan masyarakat, sehingga Polri bisa semakin di cintai masyarakat yang tentunya kamtibmas yang kondusif bisa terwujud demi kemajuan bangsa, khususnya menjelang Pemilu serentak, pungkas Kombes Krisna. (AN)