Bentuk Dukungan Nyata Dalam Penanganan Stunting di Kota Kupang, Kapolresta Bagikan Ikan Lele Hasil Budidaya Bhabinkamtibmas. 

Bentuk Dukungan Nyata Dalam Penanganan Stunting di Kota Kupang, Kapolresta Bagikan Ikan Lele Hasil Budidaya Bhabinkamtibmas. 

Tribratanewskupangkota.com - Dalam rangka menanggulangi kondisi gagal tumbuh pada anak atau stunting di wilayah Kota Kupang, Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H.,S.I.K., M.H, melakukan panen perdana ikan lele hasil budidaya dari Bintara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) Polresta Kupang Kota, Jumat (9/6/2023) petang, di Kelurahan Nunhila Kecamatan Alak. 

Panen perdana ikan lele yang dilaksanakan di rumah bapak Yanto Assa, yang juga sebagai Ketua Rt. 002 Kelurahan Nunhila, didampingi oleh Kapolsek Alak Kompol Edy, S.H., M.H, Kasat Binmas AKP Verry Polin, S.H, Staf Ahli Wali Kota Kupang, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang drg. Retnowati, Lurah Nunhila Eben Haezer Kanadjara dan Bhabinkamtibmas se-Kecamatan Alak. 

Selain itu juga, diberikan bantuan berupa beras kepada anak yang mengalami stunting. "Selain pemberian ikan lele, kami juga bagikan beras kepada anak stunting di Kelurahan Nunhila sejumlah 13 orang, agar dapat membantu orang tua dari anak yang mengalami stunting tersebut, dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi keluarganya", ujar Kapolresta. 

Seluruh Bhabinkamtibmas Polresta Kupang Kota, juga diketahui secara serentak hari ini, membagikan hasil budidaya ikan lele mereka kepada masyarakat yang mengalami stunting dan disaksikan langsung oleh Kapolresta Kupang Kota melalui media zoom meeting. 

Secara periodik, bantuan ini akan terus didistribusikan. "Setelah panen perdana hari ini, secara periodik terus didistribusikan, dan bersama Kepala Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat, akan kami pantau, agar bermanfaat bagi anak stunting", jelas Kombes Krisna saat diwawancara beberapa awak media setelah panen ikan lele. 

Kapolresta menambahkan, benih ikan lele sudah 3 kali di tabur, dengan sekali tabur sebanyak 1.000 bibit, dan sudah sekitar 25.000 ikan lele yang sudah bisa di panen sampai pada bulan Juni ini. 

Lanjutnya, apabila budidaya ikan lele berhasil dijalankan, akan dilanjutkan dengan budidaya ikan air tawar. 

Untuk diketahui bahwa program budidaya ikan lele, diinisisasi oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, dengan bantuan dan kerjasama dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, atas nama Pemkot Kupang, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Polresta Kupang Kota. "Dengan adanya pemberian ikan lele sebagai salah satu makanan sumber protein, yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, angka anak stunting di Kota Kupang sampai bulan Februari 2023 sejumlah 4.523 anak, bisa berkurang", ungkap Kadis Kesehatan yang berprofesi sebagai dokter gigi tersebut. ( AN )