Wakapolresta Kupang Kota Hadiri Upacara Pelantikan Bintara Polri Angkatan 49 di SPN Polda NTT

Wakapolresta Kupang Kota Hadiri Upacara Pelantikan Bintara Polri Angkatan 49 di SPN Polda NTT

Tribratanewskupangota.com – Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum, melantik dan mengambil sumpah, Siswa Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2023, bertempat di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda NTT, Kamis (6/7/2023) sore kemarin.

Hadir dalam acara pelantikan, diantaranya Kepala SPN Polda NTT Kombes Pol. Nanang Putu Wardianto, S.ST. Mk, pejabat utama Polda NTT, Wakapolresta Kupang Kota AKBP Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, perwakilan dari unsur TNI AD, TNI AL dan TNI AU, serta Forkompimda Provinsi NTT.

Hadir juga pada kesempatan tersebut, yakni Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Vera Cristina Sirait Asadoma, M.Sc, beserta perwakilan Pengurus Bhayangkari Daerah NTT, Ketua Bhayangkari Cabang Kota Kupang Kota Ny. Netty Krisna, dan Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Kota Kupang Kota Ny. Melissa Aldinan Manurung.

 

Inspektur upacara Kapolda NTT memasuki lapangan upacara, menyanyikan lagu Mars Polri, penghormatan pasukan yang dipimpin oleh komandan upacara AKBP Samuel S. Simbolon, S.H., M.H, laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapolda NTT.

 

Dalam amanat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, yang dibacakan oleh Kapolda NTT, bahwa hari ini merupakan momentum penting dalam menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan pembentukan bintara yang diselenggarakan di SPN Polda NTT. Dengan berakhirnya program pendidikan ini, maka Polri telah berhasil menambah personel Polri berpangkat Bintara dan juga Tamtama, hal ini tentu menjadi suatu kekuatan strategis untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri agar lebih optimal melalui penambahan jumlah personel ini di seluruh Indonesia. Pelantikan Bintara dan Tamtama yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, yaitu berjumlah sebanyak 9.098 orang siswa, terdiri atas 8.458 polisi laki-laki dan 640 polisi wanita, dididik di seluruh SPN Polda seluruh Indonesia.

Pada kesempatan itu, selaku Kapolda NTT mengucapkan selamat kepada para Bintara dan Tamtama yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan selama 5 bulan di lembaga pendidikan Polri dengan baik, dan hari ini dilantik menjadi anggota Polri.

“Dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi dua (BRIPDA) mulai hari ini, pada diri saudara-saudara telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai warga Negara, yang mengaktualisasikan dalam setiap sikap tutur kata dan perilaku hidup baik, dalam kedinasan maupun di luar kedinasan sehingga mampu menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat. Amanah ini harus selalu saudara ingat dan junjung tinggi serta laksanakan dengan sepenuh hati”, pesan orang nomor satu di Polda NTT tersebut.

 

Setelah selesainya rangkaian upacara, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan bela diri Polri oleh bintara remaja tersebut.

Diketahui bahwa peserta didik berjumlah 130 orang, dan pendidikan berlangsung selama 5 bulan, yaitu dimulai sejak tanggal 07 Februari sampai dengan 06 Juli 2023, dengan pola pendidikan yaitu 1,5 bulan pembentukan dasar Bhayangkara, 3 bulan pembelajaran profesi Kepolisian, termasuk 14 hari yang meliputi penutupan.