Waka Polresta Kupang Kota Terima Team Supervisi Bidang Keuangan Polda NTT.

Waka Polresta Kupang Kota Terima Team Supervisi Bidang Keuangan Polda NTT.

Tribratanewskupangkota.com - Supervisi Bidang Keuangan Polda NTT oleh Team II yang dipimpin oleh Kompol arinanto berlangsung diruang Aula Bijaksana Polresta Kupang Kota.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakapolresta Kupang Kota AKBP Aldinan R. J. H. Manurung S. H., S. I. K., M. Si. diikuti oleh para kabag, Kapolsek, Kasat, Kasie serta Kasium dan Kaurmintu berlangsung dalam keadaan khidmat.

Waka Polresta Kupang Kota dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Team supervisi Bidkeu Polda NTT di Polresta Kupang Kota, maksud dan tujuan supervisi adalah untuk melakukan penyempurnaan dan bukan mencari kesalahan. Dalam hal ini akan diperiksa kembali pertanggungjawaban keuangan setiap satker sehingga antara penerimaan dan pengeluaran haruslah sama. Jadi antara penggunaan anggaran harus disesuaikan dengan kinerja yang telah kita buat.

Disampaikan kepada semua satuan kerja agar mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan penggunaan anggaran.

Kompol Arinanto dalam paparannya menyampaikan, bahwa kami dari team II Bidkeu Polda NTT sudah bekerja dari pertengahan bulan Juni 2022 dan Polresta Kupang Kota adalah polres terakhir yang akan kami lakukan supervisi.

Kegiatan kami adalah melakukan pemeriksaan terkait penggunaan anggaran yang telah bapak ibu terima yakni berkaitan dengan pengelolaan anggaran dan juga prosesnya.

Sampai dengan saat ini, Polresta Kupang Kota baru menyerap anggaran sebesar 44,41% Dipa yang seharusnya sampai dengan bulan Juli ini sudah mencapai lebih dari 50%, untuk itu kami akan melihat kendala atau hambatan apa yang terjadi serta akan kami beri solusinya agar penyerapan anggaran itu berjalan dengan baik, juga terkait dengan penggunaan anggaran baik itu BTPKLWN, dana Kontijensi dan lain lain.

Saat ini kami dari Bidkeu sedang melaksanakan pemangkasan birokrasi yakni dari Bidkeu dan langsung ke rekening anggota dan tidak melalui rekening penampungan sehingga semua berjalan dengan efektif, kami sesuaikan dengan direktif Kapolri dan kami tidak bisa merubahnya.

Terkait dengan informatika, kami dari Bidkeu saat ini mempunyai aplikasi untuk kelancaran tugas, sehingga bapak ibu bisa langsung melihatnya di aplikasi itu, namanya aplikasi  SAKTI. Semua transaksi keuangan ada disana.

Para operator Sakti agar selalu mrngecek dan juga berkoordinasi dengan operator Sakti lainnya untuk suatu capaian Out Put.

Selesai penyampaian kata sambutan dilanjutkan dengan pendalaman oleh team kepada para operator yakni para Kaurmintu dan juga kasium masing masing satker di ruang kasikeu Polresta Kupang Kota. (FN)